ANALISIS KURIKULUM MERDEKA PAUD, GAMBARAN UMUM, PENGIMPLEMENTASIAN DAN IMPLIKASINYA BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

ANALYSIS OF PAUD INDEPENDENT CURRICULUM, GENERAL DESCRIPTION, IMPLEMENTATION AND IMPLICATIONS FOR PAUD

Authors

  • Yuanita Anthon Sope UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sukiman Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Implementasi, Implikasi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Pengimplementasian kurikulum merdeka PAUD belum menjangkau seluruh PAUD secara keseluruhan hal ini disebabkan kurangnya pemahaman beberapa guru PAUD tentang apa dan bagaimana kurikulum merdeka PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang Kurikulum Merdeka PAUD, mencakup proses implementasi dan implikasi yang diharapkan dari penerapan kurikulum tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif induktif, dengan sumber data yang berasal dari berbagai media elektronik, sosial, situs web, media cetak, e-book, observasi, dokumentasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini yang diambil dari berbagai sumber, selanjutnya dilakukan analisis dokumen untuk mendapatkan informasi yang komprehensif dan relevan terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada sekolah, guru, dan peserta didik untuk berinovasi, belajar mandiri, dan mengembangkan kreativitas. Implementasi kurikulum dilakukan melalui penyusunan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan asesmen/pelaporan, dan refleksi sebagai langkah tindak lanjut untuk mencapai tujuan pembentukan pribadi sesuai dengan karakteristik nilai-nilai Pancasila. Karakteristik  tersebut mencakup konsep pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai implikasiyang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Nurjanah, N. E., (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal audi, JAI V (1).

Charles Fadel and Jennifer S. Groff. (2019). Four-Dimensional Education for Sustainable Societies. The rate of change in our lives today has pushed us to evolve and adapt our daily practices so quickly, that if one does not pause to refect on them, it is easy to overlook just how much our world has changed. The past 50, 20, and even just the past 10 ye.

Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688

Mahfud, M. N., & Sutama, S. (2020). Membangun Lingkungan Sekolah Kreatif Di Era Revolusi Industri 4.0. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(3), 240–250.

Maskur. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. J k i p. 190–203.

Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., uharti, L., & Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal of Education, 2(3), 201–211.

Primayana, K. H. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1, 321–328. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya

Reagan, M. (2014). STEM-Infusing the Elementary Classroom Part 1: The Whys and Hows of Elementary STEM-Infusion.

Rizka, A. D. M., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429

Saleh, M. (n.d.). 2020. Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8

Sope, Y. A. (2022). Penerapan Metode Home Schooling pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. 4.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581

Upadani, N. M., Tri Agustiana, I. G. A., & Astawan, I. G. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Tema Berbagai Pekerjaan dengan Fun thinkers. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 450–458. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37730

Yudha, P., Latifah, I., Simarmata, J., Septiani, Y., & Sakti, P. (2023). ATHFAL DI Jatiluhur Purwakarta. 3(2), 55–60.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles