PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

IMPROVING THE ABILITY TO RECOGNIZE NUMBERS CONCEPT 1-10 AT A YOUNG AGE OF 4-5

Authors

  • Miftachur Rachmah Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Modern Ngawi, Indonesia
  • Octavian Dwi Tanto Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Modern Ngawi, Indonesia
  • Narendradewi Kusumastuti Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Modern Ngawi, Indonesia

Keywords:

Anak usia dini, Konsep bilangan, Metode pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan berlandaskan rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kalangan anak usia 4-5 tahun di zaman sekarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode study literature. Penulis mencari banyak referensi untuk menemukan solusi terkait permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata banyak cara atau media yang dapat digunakan untuk menstimulasi atau meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 bagi anak usia 4-5 tahun. Adapun hasil media atau metode yang dapat digunakan antara lain: kartu angka, balok cuisenaire, pohon hitung, media loose part, permainan puzzle, aplikasi gambar multimedia, e-learning android, model Make a Match berbasis kreativitas, Pendidikan Matematika Realistik (PMR), kegiatan fisik, Alat Permainan Edukatif (APE), gambar-gambar, bermain balok berkelompok, pojok matematika, serta media bahan alam. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan, pengenalan konsep bilangan 1-10 pada anak usia dini membutuhkan media atau metode yang menarik dan tidak membosankan agar hasilnya optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, A., Fitri, I., Fauziah, F., & Hayati, N. (2020). Smart SIAKAD Android based using RecyclerView. SISFOTENIKA, 10(2), 192-202.

Fadlillah, M. (2019). Buku ajar bermain & permainan anak usia dini. Prenada Media.

Fadlillah, M. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Samudra Biru.

Fajariyah, S. N., Suryawan, A., & Atika, A. (2018). Dampak penggunaan gawai terhadap perkembangan anak. Sari Pediatri, 20(2), 101-105.

Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Media Balok Cuisenaire pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 92-105.

Gunanti, E., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2021). Mengenal Konsep Bilangan Melalui Pembelajaran Multimedia Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 9(2), 66-75.

Gunardi, A., Wijaya, S., & Isnada, I. (2022). Pengaruh Media Kartu Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Kelas 1 Sdn Cilaku Kecamatan Curug Serang–Banten. Jurnal Pelita Calistung, 3(02), 70-78.

Haslana, I., & Wirastania, A. (2017). Mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui kartu angka pada taman kanak kanak kelompok A. Wahana, 69(2), 61-66.

Hidayat, Y., & Nurlatifah, L. (2023). Analisis Komparasi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA) Berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Dengan Permendikbudristek No. 5 Tahun 2022. Jurnal Intisabi, 1(1), 29-40.

Jarwani, J. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif dengasn Media Loose Part. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 12-25.

Laksana, D. N. L., Dhiu, K. D., Ita, E., Dopo, F., Natal, Y. R., & Tawa, O. P. A. (2021). Aspek Perkembangan anak usia dini. Penerbit NEM.

Mulyaningsih, E., & Palangngan, S. T. (2021). Pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. AL-GURFAH: Journal of Primary Education, 1(1), 29-40.

Priyankara, K., Mahawaththa, D., Nawinna, D., Jayasundara, J., Tharuka, K., & Rajapaksha, S. (2013). Android based e-Learning solution for early childhood education in Sri Lanka. 2013 8th International Conference on Computer Science & Education,

Purnomo, A., Asitah, N., Rosyidah, E., Septianto, A., Daryanti, M. D., & Firdaus, M. (2019). Generasi Z sebagai Generasi Wirausaha.

Rahmatunnisa, S., Yus, A., & Eviyanti, E. (2020). The Effect of Make a Match Learning Models and Cognitive Ability to Recognize the Concept of Number. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1873-1883.

Sari, I. P., Warmansyah, J., Yuningsih, R., Sari, M., & Yandira, R. (2023). The Effect of Realistic Mathematics Education (RME) Learning Approach on the Ability to Recognize Number Concepts in Children Aged 4-5 Years. Journal of Islamic Education Students, 3(1), 38-49.

Simarmata, J., Limbong, T., Tambunan, A., Simanjuntak, M. P., Limbong, R., Purnomo, A., Kumalasari, R. D., Anam, F., Khoifulloh, K., & Nisa, K. (2018). Multimedia of number recognition for early childhood using image object. Int. J. Eng. Technol, 7(3.2), 796-798.

Sit, M., Khadijah, K., Nasution, F., & Sitorus, A. S. (2016). Buku pengembangan kreativitas anak usia dini (teori dan praktik).

Sofiati, N., & Komalasari, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Bermain Media Flanel Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini Unesa, 5(1).

St Laurent, C. W., Burkart, S., & Alhassan, S. (2018). Effect of a school-based physical activity intervention on number and letter recognition in preschoolers. International Journal of Exercise Science, 11(5), 168-178.

Suryana, D. (2016). Pendidikan anak usia dini: stimulasi & aspek perkembangan anak. Prenada Media.

Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1–10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4–5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(3), 193-205.

Yus, A. (2011). Model pendidikan anak usia dini. Kencana.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles