UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MATEMATIKA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA LOOSE PARTS

THE EFFORTS TO IMPROVE THE PRE-MATHEMATICAL ABILITY THROUGH THE USE OF LOOSE MEDIA PARTS

Authors

  • Delina Kasih Universitas Pancasakti, Indonesia
  • Farisah Mufliha Universitas Panca Sakti Bekasi

Keywords:

media loose parts, pra matematika

Abstract

Kemampuan pra matematika bagi anak usia dini sangat diperlukan untuk pembelajaran matematika selanjutnya ditingkat yang lebih tinggi. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan pra matematika anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media Loose Parts. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas. Subjek penelitian ini ialah anak yang berada kelompok B berjumlah 12 anak 3 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kemampuan siswa dari pra siklus sebesar 32,5% pada siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 96,7%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media Loose Parts dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan Pra Matematika anak usia 5-6 tahun di TK Tahfizh Aqsha Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggun. (2021). Pengaruh Kemampuan Sumber Daya Manusia, Komunikasi Organisasi Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Di Kecamatan (Paten) Di Daerah.

Anisabela, Mutiara & Nan Rahminawati (2022). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran pada Anak. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD Unisba Press. Vol. 2 No 1. DOI: https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.896 Hal 47-52.

Arianti, Tatik. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Vol 8, No 1. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika Hal 50-58

Jarwani. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif Dengan Media Loose Parts. 15.

Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra Matematika Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang.

Komara, Hanna Widia & Rohmalina Media Pembelajaran Loose Parts Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Vol. 6 No 5. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/3880/3229/ Hal 491-498.

Laily, A., Jalal, F., & Karnadi. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Papan Semat. 397.

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2020). Penerapan Bermain Loose Parts Untuk Kemampuan Memecahkan Masalah Sederhana Anak Usia 4-5 Tahun. 107.

Mardiyah, L., & Hambali, H. (2022). Penggunaan Media Loose Parts Untuk Mengembangkan Kreatifitas Anak Usia Dini.

Mufidah, Atik et al (2022). Pengembangan Media Rumah Geo untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Kelompok A (Usia 4-5 Tahun). Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik.Vol.8 No1. https://journal.upgris.ac.id/index.php/JP3/article/download/13037/5782. Hal 61- 79.

Muntoha et al (2015) Pembinaan dan Pelatihan Kader Pengurus dan Pengelola Baru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Cerdas Dusun Bandung dan Dusun Songbanyu 1, Kecamatan Songbanyu, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vol. 4 No.3 https://jki.ub.ac.id/. Hal 166-161.

Putri, Raviona Pratama (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies Vol 4 No 1. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/download/4082/2701/ Hal 3068-3084

Rauhun. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Balon Angka Pada Anak Usia Dini.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Vol.2 No.1.

Salwa et al, (2023). Pengenalan Konsep Pengukuran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Donat Susun. Jurnal Cikal Cendekia. vol 03 no 02. https://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/4299/3146 hal 1-11

Siagian, Muhammad Daut. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science) Vol.2 No.1. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117 Hal 58-67.

Solichah et. al. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi. Vol 6 No. 5. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2453 Hal 3931-393.

Sumarseh & Delfi Eliza (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 5, No.1 https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/download/9229/4220 Hal 65-75.

Sunarti et al (2023). Penerapan Media Loose Part dalam Pembelajaran Keaksaraan Awal pada Masa Pandemi Covid-19. Journal on Education Vol 06, No. 01, http://jonedu.org/index.php/joe. Hal 6666-6674.

Sutrisno, A., Yudistira, I., & Alfarisi, U. (2021). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. 2.

Suwarno, Tyas Hardianti (2014). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Kemampuan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen | Volume 2 Nomor 3. https://ejournal.upi.edu/index.php/image/article/download/2320/1614. Hal 928-940.

Utoyo, Setiyo & Irvin Novita Arifin (2017). Model Permainan Kinestetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 11. No. 2. Doi: https://doi.org/10.21009/jpud.112.10. Hal 323-332.

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). The Utilization Of Loose Parts Media In Steam Learning For Early Childhood. 2.

Wijayanti Shinta Pandu & Meidawati Suswandari (2022). Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Mathema Journal. Vol 4 No. 1. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/download/1531/789 Hal. 58-66.

Downloads

Published

2023-11-30