GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU TAMAN KANAK-KANAK TENTANG TARI TRADISIONAL DI KALIMANTAN BARAT

DESCRIPTION OF KINDERGARTEN TEACHERS’ LEVEL O KNOWLEDGE ABOUT TRADITIONAL DANCE IN WEST KALIMANTAN

Authors

  • dwi oktariani prodi seni pertunjukan untan

Keywords:

pengetahuan, guru, tari tradisional

Abstract

Pengetahuan mengenai tari tradisional yang berasal dari daerah dimana seorang guru mengajar merupakan salah satu syarat penting bagi pendidik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan guru TK di Kota Pontianak tentang tari tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat, dengan sampel 20 responden. Metode berbentuk deskriptif dari data kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan guru masih belum banyak mengetahui tari tradisional Kalimantan Barat namun dapat membedakan tari tradisional, kreasi baru dan kontemporer tari nusantara. 80% guru tidak pernah menarikan tari tradisional secara utuh, hal tersebut menunjukan masih minimnya pengalaman estetis para guru TK. Dari penelitian ini kita dapat mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan guru TK mengenai tari tradisional yang berasal dari daerahnya, kekurangan hasil penelitian ini masih belum banyaknya jumlah responden. Proses pembelajaran tari di sekolah menyatakan mereka mencari sumber dari youtube, untuk mengembangkannya menjadi tari kreasi baru namun mereka masih merasa sulit untuk mencari referensi yang akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55

Fitria, N., & Rohita, R. (2019). Pemetaan Pengetahuan Guru TK tentang Keterampilan Gerak Dasar Anak TK. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(2). https://doi.org/10.36722/sh.v5i2.346

Lathifah, W., & Pamungkas, J. (2022). Keterampilan Guru PAUD dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Seni Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2805

Minarti, H. (2019). Mencari Tari Modern / Kontemporer Indonesia Mencari Tari Modern / Kontemporer. Guratcipta, 1(1).

Nada salwa, Jumrah, & Rifki Ayu Rosmita. (2022). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Seni Tari Anak Usia Dini Di Paud Ceria Desa Rempung Lombok Timur. Islamic EduKids, 4(1). https://doi.org/10.20414/iek.v4i1.5186

Oktariani, Dwi. (2023). Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Melalui Tari Tradisional di Sanggar Flamingo. Jurnal Golden Age, 7 (1). https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.18709

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082

Santana, F. D. T., & Zahro, I. F. (2019). Model Pembelajaran Tari Nusantara : Sebuah Contoh Kreativitas Model Tari Piring Bagi Guru Paud. Jurnal Audi, 4(1). https://doi.org/10.33061/jai.v4i1.3030

Saputro, A. A., & Prasetyo, G. B. (2021). Tingkat Pengetahuan Guru Pendidikan Jasmani Terhadap Rules Of Game Basketball Di SMA Se-Kecamatan Jombang. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 5(1). https://doi.org/10.37058/sport.v5i1.2996

Setyawati, A., Hartono, H., & Ary, D. Da. (2023). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tari Bendrong Lesung pada PAUD Terpadu Anak Bangsa Cilegon. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4146

Taib, B., Samad, R., Oktaviani, W., & Irham, M. (2022). Implementasi Seni Gerak Dan Lagu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Kemala Bhayangkari. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2). https://doi.org/10.33387/cahayapd.v4i2.5337

Triasmanto, M., & Dewi, L. (2019). Analisis terhadap faktor-faktor determinan dalam implementasi kurikulum muatan lokal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20144

Wahyuni, N., Wahyuni, S., & Damanik, S. R. H. (2019). Tingkat Pengetahuan Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri Tentang Bullying Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(2). https://doi.org/10.31258/jni.10.1.21-37

Widyastuti, T. M., & Sakti, S. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Work Shop di TK Srawong Bocah Yogyakarta. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.128

Downloads

Published

2023-11-30