ANALISIS KETERSEDIAAN DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA DI RA RABIAH AL-ADAWIYAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

ANALYSIS OF THE AVAILABILITY AND UTILIZATION OF INFRASTRUCTURE FACILITIES AT RA RABIAH AL-ADAWIYAH IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION

Authors

  • Windy Fattikasari Indonesian of Educational University
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nazwa Sabila Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Keywords:

pendidikan, prasarana, sarana

Abstract

Ketersediaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana yang memadai dapat berdampak positif terhadap kualitas pendidikan. Namun, di RA Rabiah AL-Adawiyah terdapat beberapa permasalahan terkait ketersediaan dan pemanfaatan sarana prasarana yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan dan pemanfaatan sarana prasarana di RA Rabiah AL-Adawiyah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dan pendekatan deskriptif-kualitatif di RA Rabiah AL-Adawiyah Kota Tasikmalaya. Sasaran penelitian adalah fasilitas sekolah sebagai objek fokus dan peserta didik sebagai subjek dari penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan seorang guru. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketersediaan dan pemanfaatan sarana prasarana di RA Rabiah AL-Adawiyah yang dapat mempengaruhi kualitas pendidikan, seperti kurangnya ruang kelas, kurangnya pengelolaan dan perawatan sarana prasarana, serta kurangnya pemahaman tentang cara menggunakan sarana prasarana yang ada, selain itu hasil analisis menunjukkan bahwa ketersediaan sarana prasarana yang memadai berdampak positif pada efektivitas pembelajaran dan motivasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, E. S., & Batubara, L. (2021). Evaluasi Pemenuhan Standar Minimal Sarana Dan Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(1), 20. https://doi.org/10.24114/jud.v7i1.25785

Apriana, D. (2017). Problematika Guru Dari Aspek Ketersediaan Sarana Prasarana Menghadapi Era Standarisasi Pendidikan Nasional. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 291–297.

Fitriana, S., Diva Maulieftha, A., Puspita Dewi, R., & Nurul Fadillah, C. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Klasikal dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Pertiwi1 Kota Bengkulu Tahun 2022. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.1056

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (n.d.).

Herawati, S., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Manajemen Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran. Attractive : Innovative Education Journal, 2(3), 21. https://doi.org/10.51278/aj.v2i3.68

Hidayat Rizandi, Muhammad Arrazi, Asmendri, & Milya Sari. (2023). Pentingnya Manajeman Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 47–59.

https://doi.org/10.51339/akademika.v5i1.745

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Raharjo, S. B. (2013). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511–532. https://doi.org/10.21831/pep.v16i2.1129

Ria Ramdhiani, & Rahminawati, N. (2021). Analisis Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 95–101. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.389

Rohiyatun, B. (2019). Standar Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.33394/vis.v4i1.1974

Suliyarti, R. (2019). Manajemen Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. INA-Rxiv Papers, 20, 4. https://osf.io/preprints/inarxiv/qj3x4/

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Visionary, J., & Ap, P. (2021). Jurnal Visionary (VIS). 6(April), 1–5.

Widiastuti, A. A. (2018). Implementasi Standar Sarana Dan Prasarana Paud Di Lembaga Taman Penitipan Anak (Tpa). PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 139–148. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/3462/2317

Downloads

Published

2023-11-30