MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN DADU PADA ANAK KELOMPOK B TK KUNCUP MELATI KOTA KENDARI

IMPROVING CHILDREN'S NUMERACY ABILITY THROUGH DICE GAMES IN GROUP B KINDERGARTEN KUNCUP MELATI KENDARI CITY

Authors

  • Fakhira Maritza Universitas Halu Oleo
  • Ahid Hidayat Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Arvyaty Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

anak usia dini, kemampuan berhitung, permainan dadu

Abstract

Penelitian dilandaskan karena rendahnya kemampuan berhitung anak di TK Kuncup Melati. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui permainan dadu pada anak kelompok B TK Kuncup Melati Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan Anak didik pada kelompok B dengan jumlah 17 orang anak, yang terdiri 8 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Observasi dan Studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas mengajar guru dari 71,42% menjadi 85,71%, (2) Aktivitas belajar anak dari 78,57% menjadi 85,71%, (3) Hasil belajar anak dari 58,82% menjadi 88,23%. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan berhitung anak dapat ditingkatkan melalui melalui permainan dadu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, W., Sufa, F. F., & Setiawan, M. H. Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Steam dengan Cooking Class. Jurnal Ilmiah.

Anggraini, W., Nasirun, M, & Yulidensi. (2020). Penerapan Strategi Pemecahan Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1).

Aritonang, L. A, & Elshap, D. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Metode Jarimatika. Jurnal Ceria, 2(6).

Cahyono, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Belajar Ular Tangga Di Taman Kanak–Kanak Dharma Wanita 2 Jragan Tembarak Temanggung. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 6(5), 423-430.

Dewi, N.W.U.R., Asril, N. M, & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampaun Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(1).

Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 91–101. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/art icle/view/4675

Febiola, K.A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melelui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2).

Imron, M. J. (2016). Manajemen Pembiayaan Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 1(1).

Jumini, Rusmayadi2 & Evarastina Mattemmu (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Proyek Dengan Memanfaatkan barang Bekas. Jurnal profesi kependidikan vol. 2 no. 2.

Maemunah, S. E, & Fathatunnisa. (2022). Logico Mathematical Learning Dalam Mengenal Angka 1-20 Melalui Permainan Balok Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal Aksioma Al-Asas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183.

Nasution, A. M dan Wulan, D. S. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Benda Realia. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 2(1), 124.

Niyati, M. D, Kurniah, N, & Syam, N. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2).

Nisa’ Titin Faridatun (2017). Profil Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Learning To Think Different. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, Volume 4, Nomor 2, Oktober 2017, hal 82-170

NurHaida. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Kegiatan Bermain Ular Tangga di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Desawaara Kecamatan Lohia Kabupaten Muna. Skripsi. Universitas Halu Oleo.

Rosyadi, I, Nugrahaningsih, D, dan Arzakiyah, F. (2016). Media Pembelajaran Siswa Taman Kanak-Kanak Menggunakan Animasi Flash. Jurnal Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Safitri, A., Arvyaty, & Salim. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Bola Angka. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(2), 197.

Suminar, Ai & Alfian Ashshidiqi (2020). Mengembangkan Kecerdasan Logika Matematika dengan Menggunakan Media Realia pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Negeri Pembina. Jurnal Jendela Bunda Vol 7 No 2.

Downloads

Published

2023-11-25