MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA FLIP CHART DI RA AL-AQSHA KONAWE UTARA

IMPROVING CHILDREN'S SPEAKING ABILITY THROUGH FLIP CHART MEDIA IN RA AL-AQSHA KONAWE UTARA

Authors

  • sri wulandari wulan halu oleo university
  • Afifah Nur Hidayah Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Arvyaty Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

kemampuan berbicara, media flip chart

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu komponen yang penting untuk distimulasi pada anak usia dini karena dapat mendukung komunikasi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media Flip Chart di RA Al-Aqsha Konawe Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B RA Al-Aqsha Desa Mopute Kecamatan Oheo Kabupaten Konawe Utara dengan jumlah anak sebanyak 12 orang yang terdiri atas 7 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 69% menjadi 92% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 69% menjadi 92%. Hasil belajar anak dari 66,6% meningkat menjadi 91,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui media flip chart di kelompok B RA Al-Aqsha Konawe Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfin Nur Laila, 2018. Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Media Modified Flipchart pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Plus Al-Fattah Jarak Kulon Jogoroto Jombang. Jurnal PAUD Teratai 7(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/22263/20408

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Arikunto, Suharsimi., dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baun, Febronius Ardian , Vinsensia Ulia Rita Sila, Muhammad.A.Shidik. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Chart pada Materi Rhizophora untuk Siswa Sman Taekas. Jurnal Pendidikan Biologi 8(2) Hal 1-10. https://doi.org/10.32938/jbe.v8i1.4989

Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar Kurikulum. Jakarta : Pusat Kurikulum.

Dhafet, N. A. M. Haryono, Sri Sularti Dewanti Handayani (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Model Belajar dari Rumah Pada Taman Kanak-Kanak di Masa Pandemi. Jurnal Smart PAUD, 5(2), 66-74. https://smartpaud.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/19

Dyoty Auliya Vilda Ghasya. 2022. Peningkatan Keterampilan Peserta Didik Dalam Menulis Karangan Melalui Penggunaan Media Flip Chart. Jurnal Tunas Bangsa. 9(1)44-52. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Hajar, Putri. 2023. Meningkatkan Kemampuan Verbal Melalui Media Pop-Up Book: Improving Verbal Ability Through Pop-Up Book Media. Jurnal Riset Golden Age PAUD. 6(1) Hal 33-42. http://rgap.uho.ac.id

Hurlock. Elisabeth. B. (2002). Perkembangan Anak, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Jamaris, Martini.(2003). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak–Kanak. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. UNJ.

Kurnia, Rita. 2009. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru : Cendikia.

Komariah, Nurul. (2019). “Pengaruh Penggunaan Metode Bercakap-cakap Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung”. Jurnal Pendidikan Anak Vol. 5, No 1 (2019) hal. 4-10.

Marhamah, 2022. Flipchart Sebagai Alternatif Media Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Hal 969-975 Artikel Universitas PGRI Palembang.

Muliawati, Amelia, dkk. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka Tangan pada Kelompok B di TK Plus Salsabil Kabupaten Cirebon”. Jurnal PAUD Agapedia. Vol. 3 No 1 (2019) hal. 11-23.

Munarsi, Dewi, Sitti Rahmaniar Abubakar, Ahid Hidayat, (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar. Jurnal Riset Golden Age PAUD. http://rgap.uho.ac.id 3(3) Hal 274-281.

Nurbiana, Dhieni, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Santoso, Budi (2018). Esesnsi Manusia Sebagai Mahluk Sosial. https://adab.radenfatah.ac.id/main/index.php/2018/07/28/esensi-manusia-sebagai-makhluk-sosial/

Sagnes Achriyati, Rina Yuliana, Lukman Nulhakim, 2022. Pengembangan Media Flip Chart terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 11(4), https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8611

Sugianto, Bambang, Dkk. (2019). “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B1 Radhatul Athfal Al-Mu’minin Kendari”. Jurnal Smart PAUD, Vol. 2, No. 1.

Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jakarta Depdik nas.

Suyatno, 2021. Pengaruh Penggunaan Media Flip Chart. Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol 7 No 1. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/download/12228/10764/33086

Yuliani Sri, Wa Ode Hasna, Afifah Nur Hidayah. 2022. Hubungan Antara Percaya Diri dengan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Kelurahan Tampo Kabupaten Muna. Journal Jambura Early Childhood Education 4(1) 53-63

Yulinda, Chori. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Tunagrahita Ringan melalui Media Flip Chart. Jurnal JuPeKhu, Jurnal Pendidikan Khusus. 4(1) Hal 49-59. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu

Downloads

Published

2024-04-05

Issue

Section

Articles