MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI KELOMPOK B TK NEGERI 10 BUTON

IMPROVING FINE MOTOR SKILLS THROUGH FINGER PAINTING ACTIVITIES BY USING CREATIVE PASTE MEDIA IN GROUP B AT TK NEGERI 10 BUTON

Authors

  • Wa Ode Safaria Universitas Halu Oleo
  • Muhamad Safiuddin Saranani Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Damsir Dima Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

kemampuan motorik halus, finger painting, media pasta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan finger painting menggunakan media pasta kreatif di Kelompok B TK Negeri 10 Buton. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Negeri 10 Buton dengan jumlah 15 orang anak didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti tahapan prosedur Penelitian Tindakan Kelas yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data siklus I, aktivitas mengajar guru diperoleh persentase 75%. Aktivitas belajar anak diperoleh persentase 75%. Hasil belajar anak diperoleh nilai persentase secara klasikal sebesar 66,67%. Sedangkan pada siklus II, aktivitas mengajar guru diperoleh persentase sebesar 91,66%. Aktivitas belajar anak diperoleh persentase sebesar 91,66%. Hasil belajar anak diperoleh nilai persentase secara klasikal sebesar 93,33%. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan finger painting menggunakan media pasta kreatif di Kelompok B TK Negeri 10 Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok B1 Tk Aba Gambrengan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1, No. 5. Hal. 39-48.

Anggraini, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B TK Sinar Mutiara Helvetia Medan (Doctoral dissertation).

Anggraini, D. (2019). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Raudhatul Aneli Suka Bumi Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Arikunto, (2010:16). Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan ke-11. (Jakarta: PT. Bumi Aksara)

Ariska Hartin, Sitti Nurhadaya ilyas, I. A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Swasta Indah Mandiri Kab . Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 31–37.

Astuti, M., & AUD, S. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus DiEra Covid-19 Melalui Kegiatan Praktikum Sains Pada SiswaKelompok B Semester I TK Nur As Salam Kota Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Profesi Dan Keahlian Guru (JPKG), 2(3), 65-70.

Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 91–101. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/art icle/view/4675

Faizatin, N. (2018). Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok A TK Dwp Kedungrukem Benjeng Gresik. Jurnal Anak Usia Dini, 4(2), 72–80.

Harahap, F. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 57–62.

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01).

Indraswari, L. (2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan MozaikDiTaman Kanak-Kanak Pembina Agama. Pesona PAUD, 1(1), 1–13.

Khotimah, S (2016). Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Kegiatan Finger Painting Menggunakan Media Pasta Kreatif Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia 5 Kamal Kecamatan Banyaka Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.

Lisdarlia, S., & Salwiah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai, Menggunting dan Menempel (3M) Di TK Mekar Indah Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(1).

Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., &Wirya, I. N. (n.d.). Penerapan metode demonstrasi berbantuan media konkret melalui kegiatan kolase untuk meninkatkan perkembangan motorik halus. E-Journal PG-PAUD, 2(1), 1–11.

Rahelly, Y.(2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD-Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21

Riskayanti, S., &Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61-69.

Rosita, T,, & Utami, F., B. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Kegiatan Finger Painting Melalui Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini. 4(1). 200-212. http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1172

Sujiono, Yuliani (2009). Konsep Dasar PAUD. (Jakarta: PT Indeks). h. 14

Sukarini, S. (2020). Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggambar dengan teknik finger painting pada anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan anak. Vol 9, No 2. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31355

Yono, Y. S., M, S. Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55. https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.17865.

Downloads

Published

2024-04-05

Issue

Section

Articles