UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWUDHU ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI TK DIAN EKAWATI KOTA KENDARI

THE EFFORT TO IMPROVE CHILDREN'S WUDHU ABILITY THROUGH DEMONSTRATION METHOD AT DIAN EKAWATI KINDERGARTEN KENDARI CITY

Authors

  • Marsella Nur Amalia Setia Universitas Halu Oleo
  • Sri Yuliani M. Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Nur Aeni Muhlisa Dhafet Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

berwudhu, metode demonstrasi

Abstract

Sebagai orang tua dan pendidik wajib untuk mengajarkan tata cara berwudhu sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak melalui metode demonstrasi di kelompok B. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B berjumlah 12 anak terdiri atas 7 orang putri dan 5 orang putra. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa aktivitas mengajar guru dari 66,7% menjadi 91,7%, aktivitas belajar anak dari 50% menjadi 91,7%, hasil belajar anak dari 75% menjadi 91,7%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berwudhu anak dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi di kelompok B TK Dian Ekawati Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, A. (2018). Penerapan metode demonstrasi dalam menigkatkan kemampuan berwudhu pada kelompok B3 TK Islam Ylpi Marpoyan. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 62-78.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 1 Issue 1, 73-80.

Astuti, I., & Salwiah. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Keterampilan Seni Rupa Dua Dimensi. Jurnal Golden Age PAUD UHO Vol. 3, No. 2, 184-193.

Fatmasari, Ira (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran. Revorma, Jurnal Pendidikan dan Pemikiran http://ejournal-revorma.sch.id

Indasari, D. (2022). Penyuluhan Pentingnya Mengenalkan dan Memperaktekkan Tatacara Berwudhu yang Benar pada Siswa-Siswi TK PWP II Peramina Plaju. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS) Universitas Baturaja, 2(2), 8-12.

Kurnia, R., & Nurlita, N. (2022). Pengembangan Media Smart Board Dalam Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KINDER GARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 69-80.

Kusumawardana, Diah (2021). Makna Wudhu dalam Kehidupan menurut Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Riset Agama Volume 1, Nomor 11, Hal 107-118.

Monika, W. O., & Nurhayati. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Anak Melalui Media Gambar Di Kelompok B RA Ar-Rasyid Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO Vol. 1, No. 2, 136-141.

Nugraha, Ali. (2012). Materi Pokok Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Banten: Universitas Terbuka.

Nuraini, N., Thamrin, M., & Yuniarni, D. (2015). Peningkatan Pengetahuan Berwhudu dengan Mengguanakan Media Gambar pada Anak Usia 5-6 Tahun (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Revita, Dese et all. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Ibadah Wudhu di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Dar El-Iman 2 Kota Padang. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD Vol 7, No. 1

Sari, Y. (2012). Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi Di Taman Kanak-Kanak Tri Bina Payakumbuh. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(5).

Syarofah, S., & Syukri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Berwudhu melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Khodijah 2 Beloyang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(2).

Yuliani M, S., Salwiah, Hidayah, A. N., Pabunga, D. B., Nurhayati, Aisyah, & Asmudin. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kegiatan Home Visit Bagi Guru TK. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.6

Downloads

Published

2023-11-27