MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI KELOMPOK B TK DARMA WANITA KABUPATEN KOLAKA TIMUR

IMPROVING CHILDREN'S VOCABULARY SKILLS THROUGH PICTURE WORD CARD MEDIA IN GROUP B TK DARMA WANITA EAST KOLAKA DISTRICT

Authors

  • Sumantri Universitas Halu Oleo
  • Muhamad Safiuddin Saranani Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Damsir Dima Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

kemampuan kosakata, media kartu kata bergambar

Abstract

Penelitian ini dilandaskan karena kurangnya perbendaharaan kosakata anak khusunya di TK Dharma Wanita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata anak melalui media kartu kata bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B dengan jumlah 15 orang anak didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas mengajar guru dari 72,72% menjadi 90,90%, aktivitas belajar anak dari 72,72% menjadi 90,90%,  dan hasil belajar anak dari 53,33% menjadi 86,67%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil yaitu media kartu bergambar dapat diterapkan untuk menambah kosakata pada anak dibandingkan dengan media lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, S.R, 2018. Mencegah Lebih Efektif Daripada Menangani (Kasus Bullying Anak Usia Dini). Jurnal. Smart Paud, 1(10, 1.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. https://www.academia.edu/download/30484693/jiptiain--umarhadini-8584-5-baii.pdf

Dewi, D. U., & Ali, M. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(6).

Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 91–101. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/art icle/view/4675

Hayati, Siti Nur, Khamim Zarkasih Putro, 2021. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 1

https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas

Jamal, Nanang Abdul & Ahmad Wahyudi 2021. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar E-Issn : 2722-8444 Vol. 1 Nomor 1 2021: H. 1-12.

https://journal.staialmaarifwaykanan.ac.id/index.php/tadzkirah

Kurniawati, N., & Rachmi, T. (2018). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Gambar Seri Di Tk Mentari Cipondoh. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 65-81.

Latifa, Umi, 2017. Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Vol.1No.2,

https://www.multidisciplinaryjournal.com/

Lestari, A., & Maria, L. A. S. (2013). Pemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 3-6 Tahun Pada Pendidikan Anak Usia Dini Bina Harapan (Indonesia Vocabulary Acquisition Of Children Aged 3-6 Years At Paud Bina Harapan).

Rahmat, Pupu Saeful dan Tuty Heryani. 2014. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Forum Penelitian.

Salwiah, A., & Asmuddin, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak Melalui Bermain Peran Pada Anak Taman Kanak-Kanak Nur-Ikhsan Bone-Bone Kota Baubau. Jurnal Gema Peniddikan, 25(4),72.

Santrock, John W. 2011. Life Span Development. Jakarta Timur: Erlangga. Siantayani, Yulianti. 2011. Persiapan Membaca Bagi Balita. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi

Susanto, Ahmad. 2012 Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tafonao, Talizaro, 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/issue/view/12

Wang, J., Hilliard, L. J., Hershberg, R. M., Bowers, E. P., Chase, P. A., Champine, R. B., Buckingham, M. H., Braun, D. A., Gelgoot, E. S., & Lerner, R. M. (2015). Character in childhood and early adolescence: models and measurement. https://doi.org/10.1080/03057240.2015.1040381

Downloads

Published

2023-11-30