MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI KELOMPOK B TK DARMA WANITA KABUPATEN KOLAKA TIMUR
IMPROVING CHILDREN'S VOCABULARY SKILLS THROUGH PICTURE WORD CARD MEDIA IN GROUP B TK DARMA WANITA EAST KOLAKA DISTRICT
Keywords:
kemampuan kosakata, media kartu kata bergambarAbstract
Penelitian ini dilandaskan karena kurangnya perbendaharaan kosakata anak khusunya di TK Dharma Wanita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata anak melalui media kartu kata bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B dengan jumlah 15 orang anak didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas mengajar guru dari 72,72% menjadi 90,90%, aktivitas belajar anak dari 72,72% menjadi 90,90%, dan hasil belajar anak dari 53,33% menjadi 86,67%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian kesimpulan yang dapat diambil yaitu media kartu bergambar dapat diterapkan untuk menambah kosakata pada anak dibandingkan dengan media lain.
Downloads
References
Abubakar, S.R, 2018. Mencegah Lebih Efektif Daripada Menangani (Kasus Bullying Anak Usia Dini). Jurnal. Smart Paud, 1(10, 1.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. https://www.academia.edu/download/30484693/jiptiain--umarhadini-8584-5-baii.pdf
Dewi, D. U., & Ali, M. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Perolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(6).
Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 91–101. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/art icle/view/4675
Hayati, Siti Nur, Khamim Zarkasih Putro, 2021. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 1
https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas
Jamal, Nanang Abdul & Ahmad Wahyudi 2021. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar E-Issn : 2722-8444 Vol. 1 Nomor 1 2021: H. 1-12.
https://journal.staialmaarifwaykanan.ac.id/index.php/tadzkirah
Kurniawati, N., & Rachmi, T. (2018). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Gambar Seri Di Tk Mentari Cipondoh. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 65-81.
Latifa, Umi, 2017. Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Vol.1No.2,
https://www.multidisciplinaryjournal.com/
Lestari, A., & Maria, L. A. S. (2013). Pemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 3-6 Tahun Pada Pendidikan Anak Usia Dini Bina Harapan (Indonesia Vocabulary Acquisition Of Children Aged 3-6 Years At Paud Bina Harapan).
Rahmat, Pupu Saeful dan Tuty Heryani. 2014. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Forum Penelitian.
Salwiah, A., & Asmuddin, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak Melalui Bermain Peran Pada Anak Taman Kanak-Kanak Nur-Ikhsan Bone-Bone Kota Baubau. Jurnal Gema Peniddikan, 25(4),72.
Santrock, John W. 2011. Life Span Development. Jakarta Timur: Erlangga. Siantayani, Yulianti. 2011. Persiapan Membaca Bagi Balita. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi
Susanto, Ahmad. 2012 Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tafonao, Talizaro, 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/issue/view/12
Wang, J., Hilliard, L. J., Hershberg, R. M., Bowers, E. P., Chase, P. A., Champine, R. B., Buckingham, M. H., Braun, D. A., Gelgoot, E. S., & Lerner, R. M. (2015). Character in childhood and early adolescence: models and measurement. https://doi.org/10.1080/03057240.2015.1040381
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sumantri, Muhamad Safiuddin Saranani, Damsir Dima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.