PENGARUH PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI TK NEGERI CEMPAKA OKU TIMUR

THE INFLUENCE OF PARENTAL ASSISTANCE ON THE SOCIAL-EMOTIONAL DEVELOPMENT OF CHILDREN IN CEMPAKA STATE KINDERGARTEN OKU TIMUR

Authors

  • Syfa Nadya uin raden fatah
  • Yuniar Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Fahmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Leni Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Kurnia Dewi Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia

Keywords:

Pendampingan Orang Tua, Sosial Emosional Anak

Abstract

Sosial dan emosional anak usia dini merupakan aspek penting dalam perkembangan anak terutama pada pemberian pendampingan orang tua di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendampingan orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian Ex-post Facto yaitu jenis penelitian yang variabel independenya merupakan peristiwa yang sudah terjadi. Subjek penelitian adalah 33 anak atau keseluruhan populasi, objek penelitian yaitu perkembangan sosial emosional anak meliputi kemampuan anak dalam bersikap, berperilaku dalam berinteraksi dengan orang sekitarnya. Data diperoleh melalui teknik pengumpulan data angket, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data dilakukan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, dan hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t yang memperoleh nilai 0,007 <0,05 dan nilai t hitung 2,995 > t tabell 0,002 dengan ketentuan jika t-hitung > t-tabell sig < 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dari hasil penelitian dinyatakan pendampingan orang tua memiliki pengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto, (2016). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai. Aspeknya, (Jakarta: Kencana).

Anas Sudijojo, (2018). Pengantar Statistika Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Desi Theresia et al. (2022). Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor pada Anak Usia Dini 5-6

Tahun di Tk Pelang. Jurnal STKIP Melawi.https://www.jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/MKJPAUD/article/viewFile/737/424 hal 39-43.

Efrianus Ruli (2020). Tugas dan Peran Orang Tua dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Non-Formal. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/download/428/245, hal 143-146.

Gill Kirk & Jenny Jay (2018) Supporting Kindergarten Children’s Social and Emotional Development: Examining the Synergetic Role of Environments, Play, and Relationships, Journal of Research in Childhood Education, 32:4, 472-485

Hasnida, 2014. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima

Ilmi Al Idrus, Ilmi et al. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Pesertadidikdi Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Karakter. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas Vol. 4 No 1. Hal 137-146

Jannah, Riyatul & Sri Setyowati, (2020) Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Saat Pandemi. Jurnal PAUD Teratai Volume 10 Nomor 1 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/39475. Hal 1-9.

Krisnani, Rosa Virginia Ratih & ,Puji Yanti Fauziah. Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2609 Volume 6 Issue 5. Pages 4690-4696

Mutiara, Humairotil & Ibrohim Muchlis (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Anak pada Media Panggung Boneka di Ra Sabilunnajah. Vol 1 Nomor 1, Jurnal Roma Jurnal Waladi: Wawasan Belajar Anak Usia Dini, Hal 55-75.

Ningsih et al (2021). Peran Orang Tua Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Selama Masa Pandemi Di Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati Vol. 17 No. 1.https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPH/article/download/3325/2654. Hal 28-43

Nolva Mustika, 2020. “Analisis Dampak Pelndampingan Orang Tua Pada Jam Belajar Anak di Raudhatul Atfhal Al-Amin Kecamatan Mandau”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru

Slamet Riyanto, metode riset penelitian kuantitatif penelitian dibbidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. (Yogyakarta: cv budi utama, 2020), hlm, 63

Suyadi, 2015. Psikololgi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pusaka Abadi

Thamrin Nasution dan Nurhalijah Nasution, 2018. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Jakarta: BPK Agung Mulia.

Turiyah & Lilis Kholisoh Nuryani (2022). Analisis Perkembangan Sosial Dan Emosi Pada Anak Usia Dini Di Kb Fadilah Gandrungmangu Pada Masa Pandemi Covid-19. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, dan Terapan. https://ejournal.baleliterasi.org/index.php/kasta/article/download/277/145. Vol. 2 Nomor 2. Hal 61-74.

Yudrik Jahja, 2016. Psikololgi Perkembangan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-11-30