PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CAK INGKLING TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B DI RA PERWANIDA 4 PALEMBANG

THE EFFECT OF CAK INGKLING TRADITIONAL GAMES ON THE KINESTHETIC INTELLIGENCE OF GROUP B CHILDREN IN RA PERWANIDA 4 PALEMBANG

Authors

  • Nyimas Atika Universitas Islam negeri Raden Fatah Palembang
  • Syelvia Anissa Fitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Indah Dwi Sartika
  • Leny Marlina
  • Tutut Handayani Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Muhtarom Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia

Keywords:

permainan tradisional cak ingkling, kecerdasan kinestetik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional cak ingkling terhadap kecerdasan kinestetik anak pada kelompok B. Metode penelitian ini adalah Eksperimental Design One Group Pre-test and Post-test. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji (uji-t). Berdasarkan hasil dan pembahasan yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata yang didapat dari sebelum diberikan treatment permainan tradisional cak ingkling. Perolehan tersebut diperkuat berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf nyata 5%, karena thitung 67.7 > ttabel maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada pengaruh permainan tradisional cak ingkling terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok B di RA Perwanida 4 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Tuti. 2012. Jurnal. “Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini”. (Riau: UIN Sultan Syarif Kasim). Vol 9 No.1.

Barbara, Seels, dan Richey, R. C. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Washington: AECT

Drupadi, R. D., & Syafrudin, U. (2020). Pengaruh Modifikasi Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2).

Febria Sari, Raihana Budiyah, 2021. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. “Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun”. (Universitas Islam Riau).

Khadijah, 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. (Medan: Perdana Publishing)

Kurniati Euis, 2016. Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Social Anak. (Jakarta: Pranamedia Group).

Lorena Hellen, dkk. 2020. Jurnal Pendidikan Anak. “Pengaruh Modifikasi Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun”. (Universitas Lampung). Vol 6 nomor 2.

Michelaki Eleni, 2016. “The Development of Bodily-Kinesthetic Intelligence Through Creative Dance For Preschool Students” dalam Journal of Educational and Social Research MCSER Publishing: Rome-Italy. Vollume 6 No.3.

Mursid, 2017. Pengembangan Pembelajaran PAUD. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Musfiroh Tadkirotun, 2008. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. (Jakarta: Universitas Terbuka).

Musfiroh Tadkirotun, 2014. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. E-book. (Jakarta: Universitas Terbuka).

Nurhayati, Iis. 2012. Peran Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment. Vol 1, No. 2.

Perwitasari, A.C. 2016. Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK

Bhinneka Karya Tunggulsari dan Tk Islam Bakti VIII Wonorejo. Skripsi. Surakarta.

Sonawat, Reeta & Purvi Gogri. (2008). Multiple Intelligence for Preschool Children Mumbai: Abhinav Enterprises.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: Alfabeta).

Sujiono, Nurani Yuliani. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: PT Indeks).

Supiyono Andreas, 2018. E-book. Serunya permainan tradisional anak zaman dulu. (Jakarta: badan pengembangan dan pembinaan bahasa).

Suyadi. 2017. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Umami Aulia, 2016. Jurnal Ilmiah Potensia. “Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Permainan Estafet”. Vol. 1 Nomor 1

Downloads

Published

2023-11-30