PENGARUH APLIKASI PREZI TERHADAP PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI

THE EFFECT OF THE PREZI APPLICATION ON THE INTRODUCTION OF ENGLISH VOCABULARY IN EARLY CHILDREN

Authors

  • Rahmi Taqwa Universitas Negeri Padang
  • Rismareni Pransiska Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

aplikasi prezi, anak usia dini, kosakata bahasa inggris

Abstract

Pengenalan bahasa inggris sangat penting dilakukan sejak usia dini karena bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan dalam komunikasi dunia pada era globalisasi saat ini. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Aplikasi prezi terhadap pengenalan kosakata bahasa inggris pada usia dini. Jenis penelitian ini adalah  kuantitatif dengan metode quasy Experimental. Populasi dalam penelitian ini semua anak TK Negeri 1 Padang, dengan sampel kelas B3 dan kelas B4 yang masing-masing kelas terdiri dari 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan teknik analisis data menggunakan tes normalitas, tes homogenitas, dan tes hipotetis. Berdasarkan hasil rata-rata tes pre-test dan post-test kelas eskperimen 10,53 dan 16,80. Sedangkan rata-rata dari pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 9,13 dan 14,20. Data yang dihasilkan adalah normal dan homogen. Pada pengujian hipotesis dengan independen sampel t-test nilai sig (2-tailed) 0,008 < 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh aplikasi prezi terhadap pengenalan kosakata bahasa inggris pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baiti, L., & Muryanti, E. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Lapbook Dalam Mengenalkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak. 6(1), 29–41.

Firdaus, M., & Muryanti, E. (2020). Games Edukasi Bahasa Inggris Untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai , 4(2), 1216–1227.

Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Stimulasi Sensori Pen- Dengaran Bagi Anak Toddler Di Tpa/Paud. Early Childhood Education Journal, 2(1), 1–5.

Maydiantoro, A. (2022). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2), 119–135. Https://Doi.Org/10.47435/Al-Qalam.V8i2.239

Muryanti, E. (2011). Bahasa Inggfus Untuk Anak Usia Din1. 201 1, 97.

Mustari, R. E. N. (2019). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Teratai Unm Makassar.

Nasution, E. Y. P., & Siregar, N. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 205–221. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v15i02.466

Novitasari, Y., Wahyuni, S., & Situmorang, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information Communication and Technology terhadap Perkembangan Bahasa Inggris Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 86–95. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.7733

Pransiska, R. (2020). Program Bilingualisme Bahasa Inggris Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Serambi Ilmu, 21.

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caramedia Communication.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian. PT. Raja Grafindo Persada.

Suyadi, & Ulfah, M. (2013). KONSEP DASAR PAUD (N. N. Muliawati (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Nomor April). CV. Adanu Abimata.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Yusri, N. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Abad 21. Jurnal Adzkiya ISSN, 5(1), 54–72.

Zahro, M. F., Fiorentisa, I. F., & Fatini, A. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. Preschool: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.2

Downloads

Published

2023-11-27