PENGARUH MEDIA TABUNG ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK A TAAM AL-MUSLIMUN LAHAT

THE INFLUENCE OF NUMBER TUBE MEDIA ON THE ABILITY TO RECOGNIZE NUMBER SYMBOLS IN EARLY CHILDHOOD IN KINDERGARTEN A TAAM AL MUSLIMUN LAHAT

Authors

  • Irsyada Muthmainna Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Yuniar Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Yecha Febrieanitha Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Maryamah Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia
  • Izza Fitri Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Indonesia

Keywords:

media tabung angka, lambang bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media tabung angka terhadap kemampuaan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini di TK A taam al-muslimun lahat. Penelitian ini menggunakan kelas Eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian Quassy eksperimental desain, dengan pendekatan kuantitatif Nonequivalent Control Desaign, sampel berjumlah 20 anak kelas A1 dan A2. Kelompok eksperimen menggunakan kegiatan media tabung angka dan kelas kontrol menggunakan media kartu angka. Teknik analisis data menggunakan Uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji- t (t-test) untuk data posttest diperoleh nilai thitung > ttabel (3,3467 > 2,262), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan dari hasil data tersebut. Dimana nilai rata-rata (mean) pada kelas ekperimen sebesar 86.80 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 82.20 yang mana dapat disimpulkan bahwa media tabung angka mampu berpengaruh besar terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan dibandingkan dengan media kartu angka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Coral Seefeldt, Barbara Awasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dinu Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat Dan Lima Tahun Masuk Sekolah Alih Bahasa: Pius Nasar. Jakarta. Pt Indeks.

Hasnida . 2015. Media Pembelajaran Aktif Mendukung Pembeajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta. PT Luxima Metro Media

Junita Coupley. 2018. The Young Child And Mathematics. Washington. D, C Naeyc

Kurikulum Taman Kanak-kanak. Pengembngan Silabus diTaman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Mery Rositasari, Dewi Komala Sari. 2018 “Pengaruh Media Tabung Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-5 Pada Kelompok A Usia 4-5 Tahun Di Tk Dharma Wanita Jugo Kasemen Blitar”.

Novan Ardi Wiyani, Barnawi.Format PAUD. 2014. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nida’ul Munafiah Dkk. 2018. Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Wonosobo : Penerbit Mangku Bumi.

Sondang maria Jacqueline silean. 2010. Bermain anak usia dini. jawa timur, Uwais inspirasi Indonesia.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Tubagus rahman, nia kuniasih, dan iis asiyah. 2021. “penerapan media pembelajaran tabung angka untuk meningkatkan kognitif anak usia dini”. jurnal PGPAUD.

Downloads

Published

2023-11-30