PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI KARTU GAMBAR STUDI KELOMPOK TK KEMALA BHAYANGKARI 28 BAUBAU

Authors

  • Hamidah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Hamid Patilima Universitas Panca Sakti Bekasi

Keywords:

kemampuan berbahasa anak, kartu gambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa anak sebelum, sesudah dan menggunakan pembelajaran dengan kartu gambar pada perkembangan bahasa anak dikegiatan pembelajaran pada anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 28. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan (action research). Peneliti mengadakan penelitian disini dengan pertimbangan peneliti adalah guru di sekolah ini. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 28 yang berjumlah 15 anak.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu gambar ini, aktivitas belajar anak didik yang dinilai ada 20 kategori. Hasil observasi pra siklus di dapatkan skor rata-rata 26,46 artinya kemampuan bahasa anak rendah. Tahap siklus I untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui kartu gambar dengan skor rata-rata hasil observasi 46,46 artinya  kemampuan bahasa anak sedang. Hasil observasi siklus II di dapatkan skor rata-rata 66,46 artinya kemampuan bahasa anak tinggi.  Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan bahasa anak meningkat dengan menggunakan pembelajaran dengan kartu gambar pada kelompok A TK Kemala Bhayangkari 28.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Volume 5 Nomor 3 (p. 883 – 897)

Aisyah, S. & dkk. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dhieni, N., D. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fajriah, Z. (2015). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufradat) melalui penggunaan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 107-126.

Nasution, H. K. (2018). Implementasi Pembelajaran Tematik Dalam Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk IT Nurul ‘Ilmi Medan Tahun Pelajaran 2018. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Mardison, S. (2017). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Tarbiyah al-Awlad, 7(2)

Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139-147.

Rah Romlah, R., & Defriyanto, D. (2018). Audio visual Sebagai Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2), 157-164.

Rahayu, S. (2017). Pengembangan bahasa pada anak usia dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Rusniah, R. (2017). Meningkatkan perkembangan bahasa indonesia anak usia dini melalui penggunaan metode bercerita pada kelompok A di TK Malahayati Neuhen tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114-130.

Saribu, A., & Hidayah, A. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Golden Age PAUD UHO, (2)1, 6-14.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. .Bandung: Alfabeta.

Sukemi, (2019), Kartu Kata Bergambar Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak, Prosiding Seminar Nasional Magister Psikilogi Universitas Ahmad Dahlan

Trianto, M. P. (2016). Desain pengembangan pembelajaran tematik: Bagi anak usia dini. Prenada Media.

Hariyadi, A., Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar NasionalPenguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial.PGSD UMK 2019, 280-286.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles