PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SANTA CLARA SIMALINGKAR B MEDAN

Authors

  • Niken Farida Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rahmi Wardah Ningsih Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Panni Ance Lumbantobing Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Dosma Sinurat Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

konsep lambang bilangan, media audio visual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan mengenal konsep lambang bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Santa Clara Simalingkar-B Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan pretest-Posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh populasi yang dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan total 32 anak. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan Hasil penelitian ditemukan bahwa nilai rata-rata Pretest dan Posttest yaitu 7.69 meningkat menjadi 14.44 dan hasil uji hipotesis sample t-test yaitu 2-tailed 0,000 ˂ dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan mengenal konsep lambang bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Santa Clara Simalingkar-B Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, Y. (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak . Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Azhar, A. (2013). Media-media Pembejaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Azhar, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Bungfei.com. (2020). Pengertian Media Audio Visual, Kelebihan, Kekurangan dan Manfaatnya. https://www.bungfei.com/2020/02/pengertian-media-audio-visualkelebihan.html

Chandra, R. D. (2016). Pengembangan Media Audio Visual Untuk Mengenal Huruf dan Bilangan Pada Anak Usia Dini di TK. Bhakti Madala Jember. http:// e-Journal.Univma.ac.id Vol 4 Nomor 1, 40-52.

Copley. (2001). Upaya Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan http:// Repository.Uksm. edu: PDF

Dr.Kadir. (2019). STATISTIKA TERAPAN Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/ Lisrel dalam Penelitian (Edisi Kedua). Jakarta : PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Ega, R. W. (2020). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Emi Rahayu,. Afifah Nur Hidayah, S. . (2020). Peningkatan Kemampuan Logika Matematika Anak melalui Media Stik Angka Berwarna. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 3(2).

Fazriah. (2021). Pengertian Media Audio Visual, Kelebihan dan Kekurangan Audio Visual. Jurnal Referensi: https://text-id.123 dok.com

Hasrian, N. S. (2018). Media Pembelajaran (Teori dan Praktek). Yogyakarta: BILDUNG.

Janner, S., & Mujarto. (2019). Multimedia Pembelajaran. Bandung : ALFABETA.

Khadijah. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Khadijah. (2016). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.

Mendikbud. (2020). Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021. Journal htttp:// www.Kemdikbud.go.id: PDF

Munadi, Y. (2013). Jenis-Jenis Media Audio Visual. Jurnal Ilimah http://Sc.Syekhnurjahi:ac.id.

Runtukahu, K. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak.Jurnal Ilmiah http:// digilid. Unimed.ac.id.

Sudjana. (2005). Metode Statistik. Bandung: ALFABETA.

Sugiono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan . Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Suyanto, S. (2015). Tahapan Mengenal Lambang Bilangan.

Yuliani, S. (2015). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles