MENINGKATKAN KEMAMPUAN VERBAL MELALUI MEDIA POP-UP BOOK

IMPROVING VERBAL ABILITY THROUGH POP-UP BOOK MEDIA

Authors

  • Putri Hajar Universitas Halu Oleo Kendari
  • Sitti Rahmaniar Abubakar Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Afifah Nur Hidayah Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Kemampuan Verbal, Media Pop-Up Book

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan verbal anak melalui media Pop Up-Book di Kelompok B TK Dharma Wanita Popalia Kabupaten Wakatobi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di Kelompok B yang berjumlah 15 anak, terdiri atas 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan studi dokumen.  Data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I sebesar 55% meningkat menjadi 91% pada siklis II, aktivitas belajar anak pada siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Hasil evaluasi belajar anak berupa kemampuan verbal melalui media Pop Up Book menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 33,3% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 73,3%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putri Hajar, Universitas Halu Oleo Kendari

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

Sitti Rahmaniar Abubakar, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

Afifah Nur Hidayah, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

References

Abubakar, Sitti Rahmaniar, dkk. (2018). Mass Media in Perspective of Parents Preschoolers in Kendari. 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018). Hal. 147-151. Semarang: Atlantis Press.

Abubakar, Sitti Rahmaniar. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Kendari: UHO Press.

Ahmad, Nur. (2014). Komunikasi Sebagai Proses Interaksi dan Perubahan Sosial Dalam Dakwah. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol. 2 No. 2. Hal 17-34. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwipifzrsIL-

Depdiknas. (2005). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dapertemen Nasional

Campbell, Linda. Dkk. (2002) Multiple Intelligences: Metode Terbaru Melesatkan Kecerdasan. Depok: Inisiasi Press.

Chaplin, J.P., (2009). Kamus Lengkap Psikologi, edisi Indonesia oleh Kartini Kartono, Jakarta: Rajawali Pers.

Handaruni Dewanti dkk. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol 1. No. 3 Hal 221-228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551/3408

Hanifah, Tisna Umi. (2014). “Pemanfaatan Media Pop-up Book Berbasis Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Eksperimen di TK Negeri Pembina Bulu Temanggung)”. Early Childhood Education Papers (BELIA), 3(2): 46-54.)

Khairi, Husnuzziadatul. (2018). Karakterisitik Perkembangan Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahuh. Jurnal Warna. Vol. 2 No. 2 Hal. 15- 28. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/%20warna/article/viewFile/87/91

Muhammad Yaumi dan Nurdin Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tisna Umi Hanifah. (2014). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia 4-5 Tahun (studi Eksperimen Di TK Negeri Pembina Bulu Tamanggung, Jurnal, Belia 3 (2) (2014), No. ISSN 2252-6382, h. 5

Umam, Nanang Khoirul dkk. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya

Slempitan. Jurnal pendidikan dasar. Vol.1 No 2 Hal 1-11. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad

Wiwitan, Anggit Khairani. (2018). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Linguistik Terhadap Hasil Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas X SMK N 12 Bandung jurnal pendidikan Bahasa dan satra Indonesia. Hal_1-11 https://www.google.com/url?sat&rctj&q&esrcs&sourceweb&cd&cadrja&uact8&ved2ahUKEwi979_mrIL-

W. J. S Purwadarminta. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia KBBI. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles