MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN KEGIATANMENCETAK MENGGUNAKAN BAHAN ALAM DI KELOMPOK B TK TERPADU MEKAR SARI

IMPROVING CHILDREN’S FINE MOTOR SKILLS WITH PRINTING ACTIVITIES USING NATURAL MATERIALS IN GRUP B MEKAR SARI INTEGRATED KINDEGARTEN

Authors

  • Vony Aprillya Tidak ada
  • Muhamad Safiuddin Saranani Universitas Halu Oleo
  • Damsir Dima Universitas Halu Oleo

Keywords:

bahan alam, kegiatan mencetak, motorik halus

Abstract

Penggunaan media bahan alam dalam pembelajaran anak usia dini dapat mendukung perkembangan motorik halus anak atau memberikan manfaat dalam hal sensorik, kreativitas, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan dengan kegiatan mencetak menggunakan bahan alam pada kelompok B di TK Terpadu Mekar Sari Desa Lapodi, Kecamatan Pasarwajo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B di TK Terpadu Mekar Sari Desa Lapodi, Kecamatan Pasarwajo yang berjumlah 14 anak didik yang terdiri atas 10 orang anak perempuan dan 4 orang anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan-tahapan prosedur penelitian tindakan kelas yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) aktivitas mengajar guru dari 70,59% menjadi 94,44%, (2) aktivitas belajar anak dari 70,59% menjadi 94,44%, (3) hasil belajar anak dari 78,57% menjadi 92,86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dapat ditingkatkan dengan kegiatan mencetak di kelompok B TK Terpadu  Mekar Sari  Desa Lapodi, Kecamatan Pasarwajo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustivo, F. R., & Yetti, R. (2020). Pengaruh Mencetak Bonggol Jagung Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 482-487.

Alfiah, N. (2022). Pengaruh kegiatan Mengecap Berbasis Bahan Alam Pelepah Daun Pisang terhadap Pengembangan Motorik Halus Anak Kelompok B di Tk Pertiwi jolle Kab Soppeng (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar).

Ardiyanto, H., & Fajaruddin, S. (2019). Tinjauan Atas Artikel Penelitian dan Pengembangan Pendidikan di Jurnal Keolahragaan. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 83-93.

Cahlia, D. P. A., & Yuliani, S. (2019). Meningkatkan Kreativitas Mencetak Menggunakan Bahan Dasar Bubur Kertas. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2(2)

Depdiknas 2004, Pedoman Penilaian di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fauziani, N., & Fatimah, A. (2017). Kreativitas Anak melalui Kegiatan Mencetak dengan Bahan Alam. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 123-136

Indayati, Yayuk. Meningkatkan Kemampuan Motorik halus Melalui Kegiatan Mencetak Gambar dengan Media Buah pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Mending Kecamat Pucanglaban Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016

Khadijah, M. A., & Pd, N. A. M. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Prenada Media.

Lisdarlia, S., & Salwiah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai, Mengguning, dan Menempel (3M) di TK Mekar Indah Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(1)

Rahmatika, Saranani, M. S. (2020) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjiplak. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 3(1)

Rawiyah, I. (2021). Meningkatkan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Mencetak di Toddler Rahmah EL Yunusiyyah Padang Panjang. JURNAL TILA (Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal), 1(1), 57-68

Ristiani, D., & Badroeni, B. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Mencetak dengan Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 104-117.

Rudiyanto, Ahmad, 2016. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Darussalam Press Lampung

Sumanti, A. A S., Putri, N. L., & Wantah, M. E. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Mencetak dengan Media Pelepah Pisang di TK Frater Don Bosco Tomohon: Indonesia. Kidspedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 27-34.

Tarigan, M., Alvindi, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149-159.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wasitohadi, W. (2014). Hakekat Pendidikan dalam Prespektif John Dewey Tinjauan Teoristis. Satya Widya, 30 (1), 49.

Yono, Y, S., M, S, Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampun Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55, httpsdoi.org/10.36709/japend.v2i1.17865

Downloads

Published

2024-08-02