PENGARUH KEGIATAN PLAYWORLD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Keywords:
kegiatan playworld, kemampuan literasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kegiatan playworld terhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 36 anak dengan rentang usia 5-6 tahun di TK yang berada di Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Penelitian ini menggunakan 2 TK di Kecamatan Sukolilo, Surabaya yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan playworld pada kelompok eksperimen yang dibuktikan dengan hasil hitung uji T tidak berpasangan dengan nilai sig. 0,035. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan playworld berpengaruh terhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Sukolilo, Surabaya.
Downloads
References
Broadhead, P., Howard, J., & Woods, E. (2017). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini: Dari Penelitian ke Praktik. (J. Medikawati, Trans.) Jakarta: Penerbit Indeks.
Bruns, D. A., & Pierce, C. D. (2007). Let's read together: tools for early literacy development for all young children. Young Exceptional Children, 10(2), 2-10.
Dhafet, N. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas anak melalui kegiatan Finger Painting di TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD 1(2) 91-101 https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/index.
Farida, F. R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok 3-4 Tahun Di PPT Cempaka Kota Surabaya. PAUD Teratai, 1-7.
Fleer, M. (2021). How Conceptual PlayWorlds in preschool settings create new conditions for children's development during group time. Learning, Culture and Social Interaction, 1-11.
Ghoting, S., N. & Diaz, P., M. (2006). Early Literacy Storytimes @Your Library: Partnering with Caregivers for Success. Chicago: American Library Association
Halliday, M. A. K. (1978). Language as Social Semiotic; The Social Interpretation of Language and Meaning. Edward Arnold Ltd: London.
Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Operasional Pada Satuan Paud Berbasis Kurikulum Merdeka. Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.
Kemendikbud. (2017). Materi pendukung literasi finansial. In Materi pendukung literasi finansial. Kemendikbud.
Maulana, F, & Aziz, J. A. (2022). Urgensi Penanaman Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 1-12.
Martin, J. R. & Rose, David. (2008). Genre Relations. Equinox Publishing Ltd: London.
Rakhmawati, N. I. S. (2016). The Use of Playing Strategy through Movements and Songs in Dealing Hypersensitivity Problems for Early Childhood. Jurnal TEKPEN, 1(2).
Rakhmawati, N.I.S., Setyowati, S. & Reza, M. (2023). Developing STEAM-Based Learning Tool to Internalize Pancasila Character Values for Early Childhood. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 219-232. doi: https://doi.org/10.33369/jip.8.1.219-232.
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086.
Sari, D. Y. (2017). Peran guru dalam menumbuhkan literasi melalui bermain pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Vygotsky, L. S. (1966). Play and Its Role in the Mental Development of the Child. Voprosy psikologi, 62-76.
Vygotsky, L. S. (2004). Imagination and Creativity in Childhood. Journal of Russian and East European Psychology, 7-97.
Yahman, E. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Modifikasi Sebut Kata Terhadap Kemampuan Mengenal Kata Anak Usia 5-6 Tahun di Surabaya. Jurnal Mahasiswa, 8(2), 1-9.
Wahyuni, H. (2016). Faktor Resiko Gangguan Stress Pasca Trauma Pada Anak Korban Pelecehan Seksual. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 1–13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Qanita Zahidah, Nur Ika Sari Rakhmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.