PENGARUH KEGIATAN PLAYWORLD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Qanita Zahidah Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Ika Sari Rakhmawati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Keywords:

kegiatan playworld, kemampuan literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kegiatan playworld terhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 36 anak dengan rentang usia 5-6 tahun di TK yang berada di Kecamatan Sukolilo, Surabaya. Penelitian ini menggunakan 2 TK di Kecamatan Sukolilo, Surabaya yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan playworld pada kelompok eksperimen yang dibuktikan dengan hasil hitung uji T tidak berpasangan dengan nilai sig. 0,035.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan playworld berpengaruh terhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Broadhead, P., Howard, J., & Woods, E. (2017). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini: Dari Penelitian ke Praktik. (J. Medikawati, Trans.) Jakarta: Penerbit Indeks.

Bruns, D. A., & Pierce, C. D. (2007). Let's read together: tools for early literacy development for all young children. Young Exceptional Children, 10(2), 2-10.

Dhafet, N. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas anak melalui kegiatan Finger Painting di TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD 1(2) 91-101 https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/index.

Farida, F. R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok 3-4 Tahun Di PPT Cempaka Kota Surabaya. PAUD Teratai, 1-7.

Fleer, M. (2021). How Conceptual PlayWorlds in preschool settings create new conditions for children's development during group time. Learning, Culture and Social Interaction, 1-11.

Ghoting, S., N. & Diaz, P., M. (2006). Early Literacy Storytimes @Your Library: Partnering with Caregivers for Success. Chicago: American Library Association

Halliday, M. A. K. (1978). Language as Social Semiotic; The Social Interpretation of Language and Meaning. Edward Arnold Ltd: London.

Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Operasional Pada Satuan Paud Berbasis Kurikulum Merdeka. Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-92.

Kemendikbud. (2017). Materi pendukung literasi finansial. In Materi pendukung literasi finansial. Kemendikbud.

Maulana, F, & Aziz, J. A. (2022). Urgensi Penanaman Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 1-12.

Martin, J. R. & Rose, David. (2008). Genre Relations. Equinox Publishing Ltd: London.

Rakhmawati, N. I. S. (2016). The Use of Playing Strategy through Movements and Songs in Dealing Hypersensitivity Problems for Early Childhood. Jurnal TEKPEN, 1(2).

Rakhmawati, N.I.S., Setyowati, S. & Reza, M. (2023). Developing STEAM-Based Learning Tool to Internalize Pancasila Character Values for Early Childhood. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 219-232. doi: https://doi.org/10.33369/jip.8.1.219-232.

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086.

Sari, D. Y. (2017). Peran guru dalam menumbuhkan literasi melalui bermain pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Vygotsky, L. S. (1966). Play and Its Role in the Mental Development of the Child. Voprosy psikologi, 62-76.

Vygotsky, L. S. (2004). Imagination and Creativity in Childhood. Journal of Russian and East European Psychology, 7-97.

Yahman, E. A., & Rakhmawati, N. I. S. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Modifikasi Sebut Kata Terhadap Kemampuan Mengenal Kata Anak Usia 5-6 Tahun di Surabaya. Jurnal Mahasiswa, 8(2), 1-9.

Wahyuni, H. (2016). Faktor Resiko Gangguan Stress Pasca Trauma Pada Anak Korban Pelecehan Seksual. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 1–13.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles