MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELIPAT DENGAN BERBAGAI MEDIA KERTAS DI TK BARAKATI KOTA KENDARI

Authors

  • Meriani Universitas Halu Oleo
  • Muamal Gadafi Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Nurhayati Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

kemampuan motorik halus , kegiatan melipat , media kertas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat dengan berbagai media kertas di TK Barakati Kota Kendari. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B3 TK Barakati dengan jumlah 10 anak didik yang terdiri atas 6 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I ke siklus II ditemukan bahwa: Aktivitas mengajar guru dari 71% menjadi 92%, Aktivitas belajar anak dari 64% menjadi 86%, dan Hasil belajar anak dari 70% menjadi 90%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan melipat dengan berbagai media kertas di TK Barakati Kota Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, Yesti & Yuliani M, Sri. (2018). Meningkatkan Pengenalan Rukun Islam Melalui Media Kartu Bergambar Di Kelompok B Sentra Persiapan Tk Kartika Xx-46 Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol. 1(2), hlm 149-156.

Arifin Syamaun dan Nawati Irfani. (2019). Increasing Soft Motoric Ability To Children Group A Through Folding Activities. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), IV(6), 75–117.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ariska Hartin, Sitti Nurhadaya ilyas, I. A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Swasta Indah Mandiri Kab . Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 31–37.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Radiatul Athfal. Jakarta: Depdiknas

Faizatin, N. (2018). Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok A TK Dwp Kedungrukem Benjeng Gresik. Jurnal Anak Usia Dini, 4(2), 72–80.

Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402.

Halfiani, Saranani, M., S., & Yuliani M., S. (2022). Kegiatan Membuat Kolase Dari Bahan Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelas B Di Tk Utsman Bin Affan Kota Kendari. Jurnal Riset golden Age PAUD UHO. 5 (3), 246-251.

Harahap, F. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 57–62.

Hardianti., Hidayat, A., Pabunga, D.B., & Nurhayati. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami di TK Ar-Rahman Kec Palangga Kab Konawe Selatan. Jurnal Riset golden Age PAUD UHO. 5 (3), 317-324.

Rahelly, Y. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 381–390. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21

Ruri, R., O., Laiya, S., W., & Ardini, P., (2020). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 2(1).85-90.

Sitorus, M. W., Rizki, A., Rahmah, A., Puspita, D. A., Khafifah, N. P., & Nuraini, T. (2022). Implementasi Psikologi Pendidikan Bagi Guru Di Sd Swasta Karya Bakti Air Hitam. Lokakarya Journal of Research and Education Studies, 1(1), 34–39.

Susi Yuningsih, D. J. (2022). Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami Pada Anak Usia Dini. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(1), 86–91.

Sum, T., A., Ndeot, F., & Atradewi, Y. (2021). Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Bagi Guru Paud Di Pkg Ca Nai Cibal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). Hal 38-43.

Sumanto. (2006). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles