STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI

TEACHER STRATEGIES IN DEVELOPING LANGUAGE SKILLS IN EARLY CHILDHOOD

Authors

  • Sri Yuliani M. universitas Halu Oleo
  • Aspiya Aziza UIN Antasari, Banjarmasin Indonesia

Keywords:

Anak Usia Dini, kemampuan bahasa, strategi guru

Abstract

Kemampuan bahasa yang baik pada usia dini memberikan fondasi yang kuat bagi kemampuan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini di PAUD Baitul Marhum Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 Kepala TK dan 2 orang guru kelompok B PAUD Baitul Marhum Kendari. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Hubberman (1980) yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kemempuan bahasa anak sangat bervariasi. Pertama, kegiatan belajar yang digunakan dalam mengembangkan bahasa anak yaitu menggunakan kegiatan diskusi kelompok, menyanyi, bercerita, bercakap-cakap, kegiatan outdoor, dan kegiatan tanya jawab. Kedua, metode yang digunakan dalam mengembangkan bahasa anak yaitu metode bercerita, tanya jawab, karya wisata, metode bernyanyi, bermain peran. Ketiga, media yang digunakan dalam mengembangkan bahasa anak yaitu buku cerita, Film animasi, lagu dan musik, mainan edukatif, permainan peran, dan kartu gambar. Keempat Penilaian atau evaluasi yang digunakan dalam mengembangkan bahasa anak yaitu observasi, portofolio, catatan anekdot, dan unjuk kerja. Jadi Kesimpulan strategi guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak sudah terlaksana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Amalia, L., Aminah,S., & Basuki, A. (2011). Penilaian Kemampuan Berbahasa Pada Anak TamanKanak-Kanak Perwari Kota Bandung Usia 4-6 Tahun Dengan Metode Verbal Fluency Test Dan Token Test. Neurona 29(1).

Anita, Yus. (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Kencana. Jakarta

Butterworth, B. (2011). Foundational Numerical Capacities and the Origins of Dyscalculia. Space, Time and Number in the Brain (Vol. 1). Elsevier Inc.

Dini, J. P. A. U. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396-403.

Evianti and A. Rissa Atika. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard, J. Ceria (CERDAS ENERGIK RESPONSIF Inov. Adapt., vol. 4, no. 1, pp. 2714–4107,

Gersten, R., Jordan, N. C., & Flojo, J. R. (2014). Early Identification and Mathematics Difficulties, 38(4), 293–304.

Hildayati, Rini dkk. 2014. Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ida Saraswati. 2015. Diary Anakku Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun. Yogyakarta: Rona Publishing.

Istiyani, D. (2014). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10 (1).

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal panajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45-56.

Kurnia, D., M. T. & E. S. (2015). Analisis capaian perkembangan bahasa anak usia dini dalam kegiatan pembelajaran dengan metode learning based resources. Jurnal Cakrawala Dini, 5, 61–70.

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47–56.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Melanie, S. M. (2019). Pembelajaran 5. Penyusunan Perangkat Pembelajaran.

N. Nurmadiah. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini,” Al-Afkar J. Keislam. Perad., vol. 3, no. 1, pp. 1–28.

Palida, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Permainan Balok Angka di Taman Kanak-Kanak Al-Falaah Banjar Pasaman Barat. JURNAL PESONA PAUD, 1(1).

Purwasih,W. (2018). Teknik Penilaian Unjuk Kerja dan Catatan Anekdot sebagai Upaya Pemantauan Perkembangan Anak diPAUD Aisyiyah Cabang Kartasura Sukoharjo Jawa Tengah. Jurnal Warna Vol, 2(2)e -ISSN: 2550-0058 p-ISNN: 2615-1642

Putri, D.M (2012). Pembentukan Konsep Diri Anak Usia Dini di One Earth School Bali. Journal Communication Spectrum, 2(1).

Rachmawati, Y. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Prenada Media.

Rahmawati, Vijaya, E. S., Puslitjakdikbud, P. U., Development, P., Mathematics, C., & Pedagogy, M. (2008). International Science Achievement. 2016, 2015.

Sari, R.P. (2013). Kegiatan Bermain Matematika. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 263-274.

Setiyo, utoyo. (2017). Metode pengembangan matematika anak usia dini. Ideas. Gorontalo (2010), Statistik untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung

Solfiah, Yeni. (2018). Kemampuan Mengajar Matematika Guru TK di TK Pembina Se- Kota Pekanbaru. Journal of Islamic Early Childhood Education. 1 (1): 75-87 Universitas Riau. Pekanbaru

ST. Ramlah R ., Salwiah., A. H. . (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hiaiyah melalui Kartu Huruf. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(3), 245–253.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Suwardi, Masni Erika Firmiana, (2010). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Humaniora. 2 (4): 297-305 Universitas al Azhar Indonesia. Jakarta.

Suyadi, & Maulidya, U. (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tagle, J., Belecina, R.R., & Ocampo Jr, J.M. (2017). Developing Algebraic Thinking Skill among Grade Three Pupils through Pictorial Models. EDUCARE, 8(2).

Ulfiani rahman. (2015). Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan belajar Matematika terhadap Hasil belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Journal Matematika, 3, 85–102.

Yamin, M. & Sanan, J.S. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini PAUD. Jakarta : Gaung Persada Press

Yuliani, S, Hasna, W., & Hidayah, A., N. (2022). Hubungan Antara Percaya Diri dengan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Kelurahan Tampo Kabupaten Muna. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(1), 53-63. https://ejournal-fip ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/1237

Downloads

Published

2024-08-01