PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI DI RA BANIL AUTHON

THE INFLUENCE OF INQUIRY LEARNING STRATEGIES ON EARLY CHILDHOOD NATURALIST INTELLIGENCE AT RA BANIL AUTHON

Authors

  • Annisa Hadisti Rahayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Syukri Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Keywords:

anak, kecerdasan naturalistik, strategi pembelajaran

Abstract

Kecerdasan naturalistik pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam pendidikan yang berperan dalam membantu anak memahami dan merawat lingkungan alam sekitar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana metode pengajaran berbasis inkuiri di RA Banil Authon memengaruhi perkembangan kecerdasan naturalistik anak-anak. Dengan menggunakan desain eksperimen berbasis pre-test-post-test dan melibatkan satu kelompok eksperimen, data dikumpulkan melalui instrumen yang menilai kecerdasan naturalistik dari 18 anak di kelompok B. Proses analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kecerdasan naturalistik setelah penerapan strategi pembelajaran berbasis inkuiri, dengan hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata pre-test sebesar 2.86 dan post-test sebesar 2.88, dengan p < 0.001. Ini menunjukkan bahwa metode pengajaran berbasis inkuiri memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan kecerdasan naturalistik anak. Kesimpulannya, penerapan metodologi pembelajaran berbasis inkuiri terbukti efektif dalam meningkatkan kecerdasan naturalistik anak usia dini, memperkuat pentingnya pendekatan ini dalam proses pendidikan anak usia dini untuk mendukung pemahaman dan perhatian mereka terhadap lingkungan alam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmat Mubarok, & Lili Maslukha. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII Di SMPN 02 Purwosari. Jurnal Muallim, 4(1).

Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 112. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65

Dyan Wulan Sari Hs, & Agus Kistian. (2020). Perbedaan Sikao Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training Dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 174188. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1160

Febriana, M., Al Asy ari, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 10. https://doi.org/10.25273/jpfk.v4i1.1879

Hamdayama, J. (2016). Metodologi pengajaran. PT. Bumi Aksara.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia.

Ima, N. A., & Sitorus, A. S. (2024). Peningkatan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Audio Visual. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 168179. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.627

Ismail, A. (2018). Pengembangan instrumen kecerdasan naturalis anak usia dini di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 1629.

Khan, R. I. (2023). Stimulasi kecerdasan naturalis (nature-smart) anak usia dini dengan pendekatan eksplorasi lingkungan alam. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 1, 6269.

Lisa Lestari, Indayana Febriani Tanjung, & Irwan Syahputra. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).

Masganti, S. (2020). Kecerdasan majemuk: Ruang linkup, indikator dan pengembangannya. Kencana.

Mulyasa, E. (2017). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, T. (2014). Pengembangan kecerdasan majemuk. Universitas Terbuka.

Prezylia, Z., Sasongko, R. N., & Ardina, M. (2021). Usaha guru dalam peningkatan kecerdasan naturalis di PAUD IT Nur Athifah Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 3340.

Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 10351043. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496

Rohenah, R., Rusdiyani, I., & Rosidah, L. (2021). Meningkatkan kecerdasan naturalis melalui pembelajaran sains. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sumitra, A., & Panjaitan, M. (2019). Meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode karyawisata. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 3542.

Sutarningsih, N. L. (2022). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44929

Ulfah, M., & Khoerunnisa, Y. (2018). Pengaruh pengguanaan strategi pembelajaran inquiry terhadap kecerdasan naturalis anak usia dini di Kabupaten Majalengka. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 3150, https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-03

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Downloads

Published

2024-08-02