PENERAPAN PERMAINAN LEGO SEBAGAI SARANA MENCIPTAKAN KOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI (3-4 TAHUN) DI RA PERWANIDA TEMON

APPLICATION OF LEGO GAMES AS A MEANS OF CREATING COMMUNICATION IN EARLY AGE CHILDREN (3-4 YEARS) AT RA PERWANIDA TEMON

Authors

  • Alip Mutmainah Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ida Yeni Rahmawati UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
  • Nurtina Irsad Rusdiani UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Keywords:

anak usia dini, menciptakan komunikasi, permainan lego

Abstract

Bentuk kemampuan berkomunikasi yaitu dengan belajar mengungkapkan maksud atau tujuan yang ingin disampaikan sesuai dengan konteks yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menjelaskan penerapan permainan lego sebagai sarana menciptakan komunikasi pada anak usia dini (3-4 tahun) di RA Perwanida Temon.Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di RA Perwanida Temon Kecamatan Sawoo. Dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas,dan anak usia play grup (3-4) tahun di RA Perwanida TemonPenelitian dilakukan selama kurang lebih 3 bulan yaitu dari bulan April hingga Juni.Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Sedangakan untuk Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data,reduksi data,penyajian data dan verifikasi.Hasil penelitian menggungkapkan bahwa,selama permainan lego berlangsung secara alami anak mengeluarkan kosa kata sederhana yang ia ketahui serta kata lain yang dikuti dengan bentuk,warna dan ukuran lego lalu kata tersebut direspon  oleh anak lainya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anak, P. B., Dini, U., Pertiwi, G. T., & Kebumen, K. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Aisyah Isna (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stainupwr.ac.id/

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Ariska Yuliani, Dian Kristiana, M. ’Azam M. (2022). Penggunaan media loose parts untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), 338. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v

Asiyani, G., Kholik Afandi, N., Asiah, S. N., Sarjana, P., Islam, P., Dini, A. U., Sultan, U., Idris, A. M., Abdul, J. K., No, H., & 03, S. (2023). HOLISTIK INTEGRATIF. Jurnal AUDHI, 6(1), 37–46. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI37

Audi, J. (2020). Jurnal audi. 3359(10), 1–10.

Aulina, C. N. (2019). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak usia Dini. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3

Bahri, H. (2018). Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuansa, 11(1). https://doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.1356

Deka, W. (2023). Penerapan Permainan Edukatif Lego Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Tk Harniatun Arrazaq Bandar Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/23274/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/23274/1/bab 1 5 dapus lampiran.pdf

document. (n.d.).

Dr. Arif Rachman, Dr. E. Yochanan, D. I. A. I. S. (2024). Dan R & D.

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan.pdf

Fitriani, D. N., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Izzah Kota Serang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(1), 21. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i1.2020

Hardiawan, F. E., Mahardhani, A. J., & Ponorogo, U. M. (2022). Analisis Kesadaran Masyarakat Dalam Mitigasi. 5(1), 29–41.

Hariyani, I. T., Hidayatul Umamia, F., & Fitri, N. D. (2022). Penggunaan Flashcard Untuk Kemampuan Membaca Anak 5 Tahun Dengan Metode Bercerita. Jurnal AUDHI, 4(2), 86–93. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI

Harumawardhani, D. P., Rahmawati, I. Y., & Setyowahyudi, R. (n.d.). Seling Jurnal Program Studi Pgra Analisis Kesantunan Berbahasa Anak Usia 4-6 Tahun Studi Kasus Kebiasaan Menonton Youtuber Gaming “Miawaug” Di Kabupaten Ponorogo.

Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Ismawati, N., Widayati, S., Lidah Wetan, J., Wetan, L., Lakarsantri, K., & Surabaya, K. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Pintar. Jurnal Audhi, 6(1), 10–20. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI

Istiqamah, N., & Zirmansyah, Z. (2024). Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic, Montessori, Islamic (STEAMMI) Dalam Model Pembelajaran Kelompok Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 6(2), 58. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v6i2.2634

Kanak, G. T. P. G. T., & Barat, T. T. D. I. K. (2023). Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 6(3).

Khomsiyatun, U., & Sebelas Maret, U. (2019). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini: Studi Kasus Di Paud Wadas Kelir Purwokerto (Vol. 1, Issue 1). http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/5160

Krisdianawati, L., & Nurjan, S. (2023). Menghafal Al-Qur ’ an.

Kristiana, D. (2018). Implementasi Media “Bosang” Untuk Mengasah Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 36. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.982

Kristiana, D. (2024). Penerapan Pembelajaran Practical Life Dalam Menstimulasi Kemandirian Anak di Pocenter. JURNAL Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), 2(1), 38–45.

Kurniawan, H., Kasmiati, M. A., & Pd, M. (2020). Bahasa Anak Usia Dini www.rumahkreatifwadaskelir.com

Kusumawardani, Y., Yeni Rahmawati, I., & Muttaqin, A. (2024). JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Implementasi Literasi Dasar Untuk Menstimulasi Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini di TK Kusuma Bangsa 02 Tambakmas (Vol. 12). http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Kuswanto, A. V., Kuswanto, C. W., Nurrahwati, E., Mulya, N., & Komariyah, K. (2024). Permainan Lego : Upaya Pengembangan Kreativitas Aud. 8(2), 373–380.

Lestari, I. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 113–118. https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.46

Luly, J., Novitaarifin, I., & Jamin, N. S. (2023). Deskripsi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Bermain Lego di TK Kartini. 3(1), 2023.

Masithoh Bantar Suratiyah, D. R. (2024). PengaruhhBermain Wayang Tema Terhadapp Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal AUDHI, 6(2), 15–25. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHII15

Maulida, D. A., Hendrawaijaya, A. T., & Imsiyah, N. (2018). Hubungan Antara Permainan Lego Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Play Group Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Jurnal Edukasi, 5(1). https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8003

Mutiara, S. N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Lego Block. Edukid, 13(2). https://doi.org/10.17509/edukid.v13i2.16920

Nasution, F., Fitri, R. I., Safitri, I., & Ritongga, A. N. (2024). Perkembangan Kognitif dan Bahasa. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 131–142.

Nurlela, N., Astuti, W., & Amelia, Z. (2022). Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Audhi, 4(2), 64–71. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI

Of, S., Shell, L., For, G., With, C., & Needs, S. (2024). Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. 7(1).

Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 121–126. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/12/Bayu-Aji-Pangestu.pdf

prof. dr. sugiyono. (2011). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf. In Bandung Alf (p. 143).

Purnomo, R. A. (2017). Menulis Penelitian.

Rahmawati, I. Y., Asiyah, S., & Mustikasari, D. (2020). AplikasiI Klonosewandono Sebagai Bahan Ajar BIPA Pada Ketrampilan Membaca Tingkat Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 118–124. https://doi.org/10.24269/dpp.v8i3.2996

Rahmawati, I. Y., Nurlianharkah, R., Hasanudin, C., Fadlillah, M., Keguruan, F., Pendidikan, I., Ponorogo, U. M., Pendidikan Bahasa, F., Seni, D., & Pgri Bojonegoro, I. (2021). Aktualisasi Whole Language Sebagai Pendekatan Pembelajaran Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jpe (Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Rahmawati, I. Y., Wahyudi, W., Cahyono, H., & Fadlillah, M. (2022). APE Tradisional: Penanaman Rasa Cinta Tanah Air Berbasis Etnomatematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7058–7068. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3512

Rambe, E. (2021). Strategi Komunikasi Pembelajaran Anak Usia Dini. An Nadwah, 26(1), 1. https://doi.org/10.37064/nadwah.v26i1.9474

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sukirman. (2012). Hubungan Antara Perkembangan Kognitif Anak Dan Pemerolehan Bahasa. Ulul Albab, 14(1), 76–93. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/jurnal.pdf

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1, 1–65.

Wahyono, T., Mashar, R., & Rahmawati, I. Y. (2021). Kegemaran Menyimak Channel Kisah Islami Berdampak Positif pada Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(2), 91–99. https://doi.org/10.24269/dpp.v9i2.4043

Yuliani, S. M., & Aeni Muhlisa Dhafet, N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Bola Angka Pada Anak Usia Dini. 7(1). https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal

Yuniasih, D., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK dalam Meningkatkan Kemapuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Lego di RA AL Fikri Klari. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1651. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1651-1658.2022

Zahidah, Q., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Kegiatan Playworld Terhadap Kemampuan Literasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 6(2), 121–127.

Downloads

Published

2024-08-02