IMPLEMENTASI PERTANYAAN PEMANTIK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS ANAK USIA DINI

IMPLEMENTATION OF TRIGGER QUESTIONS TO STIMULATE EARLY CHILDREN'S LOGICAL THINKING ABILITIES

Authors

  • Mursitoh Puji Lestari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ida Yeni Rahmawati Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Muhammad Azam Muttaaqin Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

anak, berpikir logis, pertanyaan pemantik

Abstract

Berpikir logis merupakan salah satu bagian dari aspek kognitif anak usia dini yang berperan untuk analisis, pemahaman pengertian, kemampuan sintesis, bahkan kemampuan evaluasi. Pertanyaan pemantik sebagai salah satu alat untuk menstimulasi kemampuan berpikir logis mereka. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pertanyaan pemantik dalam menstimulus kemampuan berpikir logis anak usia dini di TKIT Insan Madani. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas TK B2 sejumlah 14 siswa pada tahun ajaran 2023-2024. Obyek penelitian ini adalah stimulasi pertanyaan pemantik pada anak usia dini, Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini salah satu unsur dalam kurikulum merdeka adalah pertanyaan pemantik yang mempunyai 7 kriteria. Di TKIT Insan Madani telah menerapkan kurikulum merdeka dan juga telah mengimplementasikan pertanyaan pemantik untuk pembelajaran sehari-hari. Dan berdasarkan hasil observasi, di TKIT Insan Madani masih perlu berbagai upaya untuk bisa memenuhi 7 kriteria tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Nugraha, K. (n.d.). JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Klasifikasi Pertanyaan Bidang Akademik Berdasarkan 5W1H menggunakan K-Nearest Neighbors

Ilmiah Potensia ; Rusawalsep, J., Nasirun, E. R., & Ardina, M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kemampuan Mengenal Sebab Akibat Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 163–172. https://doi.org/10.33369/jip.5.2

Izzah Salsabilla, I., Jannah, E., & Keguruan dan, F. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. In Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (Vol. 3, Issue 1).

Kemampuan Berpikir, A., Jiran Dores, O., Cahyadi Wibowo, D., Susanti, S., Pendidikan

Matematika, P., Persada Khatulistiwa Sintang, S., & Pgsd, P. (n.d.). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika.

Kurniawan, K., Sanoto, H., Berfikir, K., Memecahkan, K. ;, Mapel, M., & Pancasila, P. (2024). Upaya Peningkatan Berpikir Kritis dengan Model PBL pada Siswa Kelas 4 dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kata kunci (Vol. 7, Issue 6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Mardiah, N. (n.d.). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Paud. http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode

Mogelea, B., Watini, S., Usia, A., Bermain, D. ;, Rasa, A. ;, & Diri, P. (n.d.). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Model Bermain ‘ASYIK’ Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Dobonsolo Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Kata kunci. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Monika, S., Palupi, W., & Zuhro, S. (n.d.). Jurnal Kumara Cendekia https://jurnal.uns.ac.id/kumara Profil Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun (Vol. 11, Issue 1). https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Pandu, R., Purnamasari, I., Nuvitalia Universitas PGRI Semarang, D., Sidodadi Timur No, J., Semarang Timur, K., Semarang, K., & Tengah Abstract, J. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. 1(2), 127–134. https://journal.cvsupernova.com/index.php/

PAUD Terpadu Al -Ijtihad Danger, Y. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menjawab Pertanyaan Konkrit Melalui Media Bercerita Pada Paud Terpadu Al-Ijtihad Danger. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 1, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Pembentukan Karakter Dan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik. (N.D.).

Permendikbud137-2014StandarNasionalPAUD. (n.d.).

Rahmawati, I. Y., & Yulianti, D. B. (n.d.). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah COVID-19. Journal Basic of Education (AJBE), 5(1), 27–39. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index.

Rosmauli, C., Watini, S., Usia, A., & Kognitif, D. ; (n.d.). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran Kata kunci. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Saqinah, F., & Susanti, D. (n.d.). Social Humaniora PERKEMBANGAN OTAK ANAK USIA DINI DAN DAMPAKNYA PADA KEHIDUPAN SEUMUR HIDUP (Vol. 7, Issue 1). http://jurnal.uts.ac.id

Winarti, E., & Kurniastuti, I. (2023). Pengenalan Pertanyaan Esensial Untuk Pengembangan Bahan Ajar Yang Hots Kepada Guru Sekolah Dasar. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.24071/aa.v6i1.5391

Downloads

Published

2024-08-02