PENERAPAN GAME WORDWALL UNTUK MENSTIMULASI BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI DI TK A PKK BULU LOR

APPLICATION OF WORDWALL GAMES TO STIMULATE EARLY CHILDHOOD RECEPTIVE LANGUAGE IN KINDERGARTEN A PKK BULU LOR

Authors

  • indarsih Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ida Yeni Rahmawati Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nurtina Irsad Rusdiani Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Keywords:

anak usia dini, bahasa reseptif, game wordwall

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah fondasi penting bagi anak-anak pada tahap awal kehidupan mereka, salah satu aspek penting yang perlu di kembangkan adalah bahasa reseptif. Game Wordwall merupakan cara untuk menstimulasi kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan game wordwall untuk menstimulasi bahasa reseptif anak usia dini di TK PKK Bulu lor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi guru dan anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK A PKK Bulu Lor sejumlah 11 anak yang terdiri dari 5 putri dan 6 putra. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik untuk pengumpulan data. Sedangakan untuk Teknik analisis data menggunakan model miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan game wordwall meliputi tahap perencanaan dan persiapan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi ,yang di tandai dengan peningkatan kefokusan, mengerti 2 perintah sederhana serta mengulang dan menirukan kosa kata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmila,. Sitti R,. Abubakar, Afifah, N. H. (2022). Pembelajaran dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Menyimak di Kelompok B TK Negeri Pembina Maligano Kabupaten Muna. JurnalRiset Golden Age PAUD UHO 5 (1)

Enjelika, O., Marlina, L., & Putri, Y. F. (2022). Pengaruh Kegiatan Karyawisata Terhadap Pengenalan Sains AUD Pada Anak Kelompok B1 Di TK Aisyiyah 19 Palembang. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 434–440.

Hapsari, N. K. A. M. Y., Zahra, A. C. A., Anggini, C. T., & Eva, N. (2022). The Role of Forgiveness and Social Support on Psychological Well Being Among Women in Dating Violence. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 13(2), 130–143.

Hasiana, I. (2020). Studi kasus anak dengan gangguan bahasa reseptif dan ekspresif. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1), 59–67.

anzani, L. (N.D.). Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Pada Progam Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Asmadi, A. (2022). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Proses Belajar Online. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), 945–962. Https://Doi.Org/10.26811/Didaktika.V6i3.1048

Fitriani, D. N., Maryani, K., & Atikah, C. (2023). Upaya Guru Dalam Mengoptimalkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Izzah Kota Serang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 6(1), 21. Https://Doi.Org/10.36722/Jaudhi.V6i1.2020

Hermanto, B., Iman, N., Susanto, H., Maghfiroh, A., Mahardhani,Januar, A., Fadhli, M., Asmaroini,Puji, A., & Merona,Putri, S. (2015). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Uniersitas Muhammadiyah Ponorogo.

Khosibah, S. A., & Dimyati, D. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun Di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.1015

Nur Putri, N. A., Rahmawati, I. Y., & Kristiana, D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cerdas Berbahasa Indonesia Fonik (Cbi Fonik) Dalam Menstimulus Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 9(4), 772. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V9i4.5480

Nursyafa’ah, O. C. (N.D.). Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Kependidikan Universitas Jambi.

Rahmawati, I. Y., & Yulianti, D. B. (N.D.). Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Wabah Covid-19.

Rohmatin, R. (2023). Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Vocabulary Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Edutech : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79–88. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039

Silvia, K. S., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wordwall. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 261. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36814

Megawati, E. (2019). Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Aspek Bahasa Anak Kelompok B di RA Al-Barokah Kecamatan Patrang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Mutiah, D. (2015). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana.

Nurbayani,S.,& Sundari,R.S.(2022). Pengaruh Game Wordwall Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 349-358.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.

Permendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

Pratiwi, D. I. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini Melalui Media Visual. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 45-56. DOI: 10.12345/jpaud.2020.0401.005.

Rahmawati Yeni. (2016). CD Interaksi Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Di Ponorogo. Jurnal Indria (Jurnal Ilmu Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Awal).

Saputra, A., & Kuntarto, E. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia Prasekolah. Repository Unja.

Septiani,H.,& Rustandi,Y.(2023). Optimalisasi MediaDigital Interaktif

Wordwall Dalam Pjj Bipa Di Kedutaan Besar Republik Indonesia Di Bern, Swiss. Ranah:Jurnal Kajian Bahasa, 12(1)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Siskayanti,K.,Arvyaty,Muamal,G.(2022).Analisis Kemampuan Menyimak Anak Melalui Video Dongeng di TK Anawula Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO 5 (l)

Yayuk, M. (2019). Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita pada anak kelompok A di raudhatul athfal nurul mubin suger kidul jelbuk jember tahun pelajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Downloads

Published

2024-08-01