MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK

IMPROVING CHILDRENS LETTER RECOGNITION ABILITY THROUGH THE MEDIA IN KINDERGARTEN

Authors

  • Eti Universitas Halu Oleo
  • Muamal Gadafi Universitas Halu Oleo
  • Nurhayati Universitas Halu Oleo

Keywords:

mengenal huruf, media, kartu bergambar

Abstract

Kemampuan anak dalam mengenal huruf harus diperhatikan karena akan mempengaruhi kemampuan bahasa pada anak penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak menggunakan kartu huruf bergambar di kelompok A TK Negeri Wakea-kea. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studu dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dan guru di kelompok A TK Negeri Wakea-kea Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah berjumlah 15 orang anak terdiri dari 10 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I diperoleh nilai persentase 80% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,33%. Hasil observasi aktivitas belajar anak pada siklus I diperoleh nilai persentase menjadi 80% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,33%. Pada hasil belajar anak pada siklus I memperoleh nilai 66,67% dan meningkat pada siklus II menjadi 86,67%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan Mengenal Huruf dapat ditingkatkan dengan menggunakan media kartu huruf bergambar.di TK Negeri Wakea-kea Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abarua, Hermelina. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menempel di Kelompok Bermain. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 1(2).

Arikunto, S, Suharjono & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jl. Sawo Raya No. 18, Rawamangun Jakarta Timur – 13220, Indonesia.

Azizah, A. (2021) “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran”, Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3 (1), 15–22.

Hamidah dan Patilima H. (2023) "Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Kartu Gambar Studi Kelompok TK Kemala Bhayangkari 28 Bau-bau", Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 6 (1), 96101.

Khairi, H. (2018) "Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun", Jurnal Warna, 2 (2), 1528.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 SurahAl-Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123144.

Nurkholisah, F., Khusniyah, T. W., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Efektivitas Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasaan Siswa SD Negeri Tungkulrejo Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 26-33.

Saputra, A. (2018) "Pendidikan Anak Pada Usia Dini", At-Ta’dib : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam , 10 (2), 192–209.

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264.

Sufiati, Fitriah, H, dan Rika, K. (2021) "Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Buku Huruf Pada Anak Kelompok B-5 TK Adhyaksa 14 Lampung Banda Aceh", Jurnal Ilmiah Mahasiswa, (2) 2, 114-177.

Trisnawati. (2014). Meningkatkan Kemampuan Mengenal huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf pada kelompok B1 TK Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Yogyakarta.

Vika. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan kartu Bergambar di TK Kapasarano Buton Utara. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas halu Oleo.

Wahdaniah, Fadillah dan Yuniarni, D. (2014) "Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Dengan Media Gambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun", Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3 (9), 114.

Yeni & Hartati, S. (2020) "Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata di Taman Kanak-Kanak Alwidjar Padang", Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (1), 60816.

Downloads

Published

2024-08-02