UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELAUI AUDIO VISUAL DI RA FARD AHILLAH

SPECIFICATION OF SOCIAL EMOTIONAL DEVELOPMENT OF CHILDREN AGE 5-6 YEARS LIKE AUDIO VISUAL IN RA FARD AHILLAH

Authors

  • Cantika Cantika UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
  • Khadijah Universitas Islam Negeri Sumatra Utara

Keywords:

anak usia dini, audio visual, sosial emosional

Abstract

Kecerdasan sosial emosional anak berbeda-beda terhadap interaksi yang baik kepada orang yang di sekitarnya karena kurang nya kecerdasan sosial emosional anak kepada orang lain maka dari itu salah satuyang dilakukan kepada anak mengenalkan kecerdasan sosial emosional ialah melalui media audio visual. Dan adapun juga rumus masalahnya ialah bagimana upaya meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak berusia 5-6 tahun melalui audio visual. Dan tujuan nya mengetahui hasil kemampuan meningkatnya kecerdasan sosial emosional. Jenis penelitian ini ialah memakai jenis penlitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek diteliti yakni anak berusia 5-6 tahun dengan jumlah 15 orang, yakni 9 laki laki serta 6 perempuan teknik pengumulan data nya menggunakan lembar obsrvasi, dokumentasi hasil dari penelitian yakni : hasil yang di teliti pada prasiklus berjumlah 25%, dan di siklus I mengalami peningkatan berjumlah 50% dan naik di siklus II berjumlah 75%. Dari hasil yang di teliti pada anak berusia 5-6 tahun di RA Fard Ahillah melalui audio visual dapat di simpulkan anak anak meningkat dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aas, D. (2021). Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus Kelompok A di RA Attaqwa Padaringan, Kabupaten Ciamis). Tarbiyah Al-Aulad |, 6(1), 2021. http://riset-iaid.net/index.php/TA

Aga, F. E. M. Samidi & Sujana, Y. (2014). Penggunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B TK Merpati POS.

Arikunto, Suharsini. 2021. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research -CAR).

Aulia, Diajeng dan Sudariyanti. 2023. Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4565-4574, https;//10.31004/obsesi.v7i4.4056.

Azizah, N., & Busyra, S. (2021). Strategi Orang Tua dalam Perkembangan Aspek Sosial-Emosi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Attadib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 113. https://doi.org/10.30863/attadib.v2i2.1466

Azizah, M, S, Wahyuni F. & Khasanah,L,N.(2023). Penggunaan Media ohon intar Angka untuk Mengembangkan Kemampuan Membilang bagi Anak Usia Dini. ABSORBET MIND : Journal of Psychology and Child Development.3(1). 21-34. https://doi:10.37680/absorbnt _mind.v3i1.2202

Fatma, Rini Enggar. 2018. Meningkatkan Visual Spasial Melalui Media Audio Visual Anak TK Kelompok B. Skripsi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Fitria, Ayu. 2014. Penggunaan Audio Visual dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2) 57-62,

Hidayati, Diah, dkk. 2023. Pengaruh Media Pembelejaran Audio Visual Terhadap Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Kelompok B di PAUD As-Shiddiq Faturrahman Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 808-817.

Khadijah, & Zahriani Nurul, 2021. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (Teori dan Strateginya). Medan: Penerbit Nasional,

Kurniati.Salwiah & Asmuddin. 2024. Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Cooperative Learningtype Number Head Togetherdi Kelompok B. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 7(1),86 - 94.

Masyito, Dewi dan Pradana Hadi Pascalian. 2020. Urgensi Islam Dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial Emosional Anak. Jurnal Sellin: jurnal program studi PGRA, 5(1)1-12. https;//doi.org/10.290.62/selling.v5i1.358.

Megiati, E. Y. Pratiwi, K. N & Saragih, K. T. (2021). Penggunaan Media Belajar Audio-Visual Bagi Perkembangan Moral Sosial Anak Usia Dini. Seminar Nasional Riset dan Inovasi teknologi (SEMNAS RISTEK), 858 - 864.

Nasution,S. Nurbaiti & Afrannudin.(2021).Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat SMP Kelas VII.GUPEDIA

Nasution, F. S. (2021). Kasus Bullying Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Kesehatan Mental Anak Usia Dini. MUBTADA: Jurnal Ilmiah Dalam Pendidikan Dasar, 4(4), 5767. https://ejournal.stitalhikmah-tt.ac.id/index.php/mubtada/article/view/96.

Rieza, Hardyan Rahman. 2021. Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Islamica: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01) 4654. https;//doi.org/10.329.39/islamica.v21i01.831.

Saragih, A, A. Suryani, I & Sitorus, S,A. (2024). Penggunaan Media Audio Visual dalam Menumbuhkan Sikap Sosial, Jujur, dan Tanggung Jawab untuk Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 7(1), 104 -114.https://doi:10.310014/aulad.v7i1.600

Shofiyah, S., Sadiyah, R., Siregar, N., & Sutini, A. (2020). Urgensi Kecerdasan Sosial (Social Intelligent) Bagi Anak Usia Dini. Emanasi: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Sosial, 3(1), 5374. https://adpiks.or.id/ojs/index.php/emanasi/article/view/16

Ulfah, U., Ratnasih, T., & Syamiyah, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Melalui Kegiatan Mendengarkan Musik Relaksasi. Generasi Emas: jurnal Pendidikan Ana, 4(1), 6573. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6937

Umar Aliansyah, M., Mubarok, H., Maimunah, S., & Hamdiah, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan. Jurnal Syntax Fusion, 1(07), 119124. https://doi.org/10.54543/fusion.v1i07.28

Utama, F. (2022). Program Habituasi Membaca Asma ul Husna Pembelajaran Audio Visual terhadap Anak Usia Dini Berbasis Media. 2, 5364.

Zen, Retno Astuti. 2023.Upaya Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak Menggunakan Metode Audio Visual dan Permaianan Tradisional di TK Al-Azhar 6, JURNAL Cahaya Mandalika,

Downloads

Published

2024-08-01