PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJCET BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 4- 5 TAHUN

THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING MODEL ON THE CREATIVITY OF 4-5 YEARS OLD CHILDREN

Authors

  • Nurintan A. Samina Universitas Negeri Gorontalo
  • Nunung Suryana Jamin Universitas Negeri Gorontalo
  • Sulastya Ningsih universitas negeri gorontalo
  • Nurul Aini MM Sodik Universitas Negeri Gorontalo
  • Febritesna Nuraini Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Keywords:

anak usia dini, kreativitas, project based learning

Abstract

Metode berbasis proyek dapat diterapkan di semua jenjang pendidikan. Model pembelajaran ini dimulai dengan mengumpulkan informasi berupa gagasan dan pertanyaan dari anak-anak sesuai dengan topik yang dipilih. Informasi ini kemudian dikembangkan menjadi kegiatan belajar dan eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Anak Usia 4-5 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen (One group pretest-posttest design). Populasi penelitian ini berjumlah 27 anak. Sampel dalam penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Permata Sunnah Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo yang berjumlah 12 orang anak. Teknik analisis data dilakukan dengan cara olah data statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil pre-test memperoleh nilai rata-rata 17,91 dan standar deviasi 3,23. Sedangkan data post-test memperoleh nilai rata-rata 37,75 dan standar deviasi 3,51. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil uji t pada (α) = 0,05 diperoleh ttabel = 0,242 kemudian diperoleh nilai thitung = 14,37. Jadi thitung > ttabel ; 14,37 > 0,242 dengan kata lain thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan diterima maka hipotesis diterima artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Permata Sunnah Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alayinda, A., Ali, M., & Yuniarni, D. (2019). Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Proyek di Paud Aisyiyah Busthanul Atfhal 3 Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3).

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Daryanto, S. K. (2017). Pembelajaran abad 21. Pembelajaran Abad 21 Yogyakarta.

Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180

Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2). https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118

Hardiyanti, N., & Rosnaeni, R. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Pada Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2).

Hikmah, L. N., & Agustin, R. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(1). https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.291

Miranda, D. (2016). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di Kota Pontianak. Jurnal Pembelajaran Prospektif 1, 1(1).

Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nikmah, A., Shofwan, I., & Loretha, A. F. (2023). Implementasi Metode Project Based Learning untuk Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4999

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2).

Nurfuady, E., Hendriana, H., & Wulansuci, G. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(3). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i3.p65-73

Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Pembelajaran Sains bagi Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Masa Belajar dari Rumah. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1).

Sapti, M., Pancapalaga, W., Widari, W., Rambat, R., Suparti, S., Arquitectura, E. Y., Introducci, T. I., 赫晓霞, Iv, T., Teatinas, L. A. S., Conclusiones, T. V. I. I., Contemporáneo, P. D. E. U. S. O., Evaluaci, T. V, Ai, F., Jakubiec, J. A., Weeks, D. P. C. C. L. E. Y. N. To K. In 20, Mu, A., Inan, T.,

Sierra Garriga, C., … Evvyani, L. (2019). Pengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 53(1).

Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1). https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Sinaga, R., & Timbange, Y. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak Taman Kanak- Kanak Melalui Metode Project Based Learning. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 3(1). https://doi.org/10.47530/edulead.v3i1.87

Sugiyono. (2022). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Jurnal Ilmu Dan Riset.

Uetami, N. A. T. (2019, Aueguest). Meeningkatkan Kreeativitas Anak Uesia 5-6 Tahuen Meelaluei Meetodee Proyeek Di Paued Al-Hueda Kota Seerang. In Prosiding Seminar Nasional PG Paued Uentirta 2019 (Pp. 275-282).

Yansyah Nurinayah, A., Nurhayati, S., Wulansuci, G., & Siliwangi, I. (2021). Penerapan Pembelajaran Steam Melalui Metode Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di Tk Pelita. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5).

Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi(PSB MUGI)Bagi Anak Usia Dini. In Jawa Barat: EDU PUBLISHER.

Yuliantina, I., & Yuliati, D. A. T. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Projek dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2934

Downloads

Published

2024-08-01