ANALISIS SUMBER BELAJAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK USIA 5-6 TAHUN

ANALYSIS OF LEARNING RESOURCES TO FACILITATE THE ABILITY TO RECOGNIZE NUMBERS OF CHILDREN AGED 5-6 YEARS

Authors

  • Putri Nursalsabila Ello Universitas Pendidikan Indonesia
  • Risbon Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Taopik Rahman

Keywords:

Anak Usia Dini, mengenal angka, sumber belajar

Abstract

Penelitian ini menganalisis penggunaan sumber belajar untuk memfasilitasi kemampuan mengenal angka anak usia 5-6 tahun di TKA Sulalatul Huda, Tasikmalaya. Menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru dan anak-anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian anak belum mencapai indikator kemampuan mengenal angka karena keterbatasan sumber belajar yang tersedia. Sumber belajar yang kurang menarik dan terbatas dalam jumlah mengakibatkan menghambat kemampuan mengenal angka anak usia 5-6 tahun. Temuan ini mengarah pada pentingnya pengembangan sumber belajar yang lebih interaktif dan menarik, seperti buku bergambar, aplikasi digital, dan lain sebagainya. Studi penelitian ini sebagai dasar acuan untuk penelitian selanjutnya agar dapat menciptakan inovasi sumber belajar yang efektif guna meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifannisa. (2023). Sumber & Pengembangan Media Pembelajaran (Teori & Penerapan). Jambi: PT Sonpendia Publishing Indonesia.

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Publishing.

Irmade, O. (2022). Media dan Sumber Belajar Anak Usia Dini. Sukoharjo: Radina Pustaka.

Isma, A., Isma, A., Isma, A., & Isma, A. (2023). Peta Permasalahan Pendidikan Abad 21 di Indonesia. JUPITER: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(3), 11–28. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i3.153

Miranti, W., Febriyanti, Dewi, K., & Murtopo, A. (2023). Pengaruh Video Animasi Hamid Kid’s Terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bima Al-Kirana Sekayu. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 7403–7415. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0APengaruh

Nur, N. R., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan Buku Interaktif ARBO Berbasis Augmented Reality dalam Menstimulasi Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21–36. https://doi.org/doi.org/10.31326/jcpaud.v6i1.1668

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2022). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supiati, Damayanti, E., & Ismail, W. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Media Balok Cuisenaire pada Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 393–402. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1463

Supriadi. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umaroh, Kania, G., & Yusuf, R. N. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Dengan Menggunakan Media Papan Hubung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tahsinia, 4(1), 71–81. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.341

Widodo, H. (2019). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: Alprin.

Downloads

Published

2024-08-02