IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESELAMATAN UNTUK MEMFASILITASI PERILAKU KESELAMATAN ANAK USIA DINI
IMPLEMENTATION OF SAFETY EDUCATION TO FACILITATE SAFETY BEHAVIOR IN EARLY CHILDHOOD
Keywords:
kecelakan AUD, pendidikan keselamatan AUD, PerilakuAbstract
Menurut data dari WHO, tercatat sebanyak 1.381 kasus kematian anak usia di bawah lima tahun disebabkan oleh unintentional injuries. Persoalan ini menjadi lebih serius di berbagai dunia mengingat keterbatasan kognitif yang dimiliki oleh anak usia dini sebagai salah satu penyebab kematian akibat cedera yang tidak disengaja. Pendidikan keselamatan hadir sebagai solusi untuk meminimalisir risiko kecelakaan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan keselamatan untuk anak usia dini di PG RA Raihan Persis 27. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur, serta dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Guru kelas B menjadi subjek penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan keselamatan untuk anak usia dini sudah cukup untuk memfasilitasi perilaku keselamatan anak. Namun, pendidikan keselamatan harus dirancang dan diintegrasikan secara penuh ke dalam kurikulum harian agar pembelajaran dapat meningkatkan kesadaran anak secara efektif dan berkelanjutan.
Downloads
References
Anggraini, D. (2017). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39–46. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1722
Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728
Balsia, Y. F. O., Suryadi, & Priyono, D. (2023). Pengaruh Pemberian Intervensi Pendidikan Kesehatan dengan Model Simulasi terhadap Tindakan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Tunas Melati Sanggau. ProNers, 2(April), 94–100.
Creswell, J. W. (2014.). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dumiyati. (2015). Pendekatan Experiential Learning dalam Perkuliahan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi ASEAN Economic Community. Prosiding Seminar Nasional, 87–97.
Kemendikbud. (2015). Petunjuk Teknis penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Lela, S. N. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 38–51. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i1.2492
Lilianti, L., Bian, Y., Jaya, A., Mokodompit, M., Juhadira, J., & Herlian, H. (2023). Transformasi Siaga Bencana: Membangun Safety Culture melalui Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6215–6223. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5348
Meir, A., & Oron-Gilad, T. (2020). Understanding Complex Traffic Road Scenes: The Case of Child-Pedestrians Hazard Perception. Journal of Safety Research, 72, 111–126. https://doi.org/10.1016/j.jsr.2019.12.014
Muliawan, U. J. (2016). Mengembangkan Imajinasi dan Kreatifitas Anak. Grava Media.
Nisa, K., Wahyudi, W., Wafa, M. A., & Khofifah, S. (2022). Pendampingan Metode Pembelajaran melalui Kegiatan Outbond untuk Melatih Kerjasama Anak Usia Dini di KB Mawaddah Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 166–171. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i3.3291
Saleh, A. (2018). Implementasi Keselamatan Lalu Lintas Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Pendekatan Pembelajaran Koopertaif Tipe Role Playing. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 42–46. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.998
Schützhofer, B., Rauch, J., & Stark, J. (2018). The Development of Traffic Competences - Do Children Need Special Infrastructure To Be Safe In Traffic?. Transactions on Transport Sciences, 9(2), 3–17. https://doi.org/10.5507/tots.2018.011
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suryaningsih, A., Cahaya, I. M. E., & Poerwati, C. E. (2019). Implementasi Metode Experiential Learning dalam Menumbuhkan Perilaku Kesehatan dan Keselamatan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 187. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.317
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Aksara.
Tomoda, M., Uno, H., Hashimoto, S., Yoshiki, S., & Ujihara, T. (2022). Analysis on The Impact of Traffic Safety Measures on Children’s Gaze Behavior and Their Safety Awareness at Residential Road Intersections in Japan. Safety Science, 150(September 2021), 105706. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2022.105706
von Stülpnagel, R., Riach, N., Hologa, R., Kees, J., & Gössling, S. (2024). School Route Safety Perceptions of Primary School Children and Their Parents: Effects of Transportation Mode and Infrastructure. International Journal of Sustainable Transportation, 18(6), 465–477. https://doi.org/10.1080/15568318.2024.2350992
Widiyati Tri. (2018). Pendidikan Keselamatan Diri Anak Usia Dini (Studi Kasus di Kelompok Bermain (KB) Gaharu Plus Kutai Kartanegara). Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas, 13(2), 113–123.
Yuris, E., & Raniyah, Q. (2022). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Kegiatan Outbound pada Anak Usia Dini di Yayasan H. Abdurrahim Harahap Kecamatan Medan Amplas. Journal on Teacher Education, 4(2), 1238–1245.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Verina, Edi Hendri Mulyana, Qonita, Devita Savitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.