MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DENGAN MENGENALKAN BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN MEDIA ALAM SEKITAR PADA KELOMPOK B TK AL-NIS MANDIRI

IMPROVING CHILDREN'S COGNITIVE ABILITIES BY INTRODUCING GEOMETRIC SHAPES USING NATURAL MEDIA AROUND IN GROUP B TK AL-NIS MANDIRI

Authors

  • Anggy Wulan Ramadhani Universitas Halu Oleo
  • Salwiah Universitas Halu Oleo
  • Asmuddin Universitas Halu Oleo

Keywords:

kognitif, mengenal bentuk, media alam

Abstract

Perkembangan kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan anak dalam belajar karena sebagian aktivitas dalam belajar selalu berhubungan dengan berpikir. Oleh karena itu penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan mengenalkan bentuk geometri menggunakan media alam sekitar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik Kelompok B TK Al-Nis Mandiri yang berjumlah 12 orang anak didik yang terdiri atas 3 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) aktivitas mengajar guru dari 77% menjadi 92,4%; (2) aktivitas belajar anak dari 61,5% menjadi 92,4%; dan (3) hasil belajar anak dari 75% menjadi 91,6%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuam kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri pada kelompok B TK Al-Nis Mandiri dapat ditingkatkan dengan media alam sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, Rahmaniar Sitti, (2020), mengingkatkan kemampuan membaca Al Qur’an melalui metode Iqro. Jurnal: riset golden age uho, 3(1), 62-70 http://ojs.rgap.uho.ac.id

Ade, Sanjaya. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmianti, Nening, & Afifah Nur Hidayah. 2019. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Karpet Geometri. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO 2 (2):167-176.

Fauziah, Nadia. 2013. Penggunaan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI - 8 (1):23-30.

Hamida, Aisyah Izzah & Choirun Nisak Aulina (2021). Pengaruh Media Tangram terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (2):8-16.

Karnita. 2022. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Puzzle pada Anak Kelompok A di PAUD Al-Fata Lampaya. [Skripsi] Universitas Bina Bangsa Banda Aceh.

Mariati, M. Syukri, Marmawi, R. 2014. Penerapan Metode Bermain dalam Pengenalan Konsep Geometri pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (6):1-10.

Murni. 2017. Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Psikososial pada Masa Kanak-Kanak awal 2-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 3 (1):19-33.

Oktari, Vanni Miza. 2017. Penggunaan Media Alam dalam Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika 1-63 Padang. PAUD Lecture Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1):49-57.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmadani, Mentari, & Salwiah. 2019. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Geometri Melalui Media Play Dough. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 2 (2):159-166

Sari, Rini, Muhammad Ali, Desni Yuniarni. 2018. Analisi Pemanfaatan Bahan Alam sebagai Media Pembelajaran Meningkatkan Kreativitas Anak TK Islamiyyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7 (10):1-9.

Setiawan, Ebta. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses pada Tanggal 23 Februari 2023 melalui https://www.google.com/amp/s/kbbi.web.id/didik.html.

Sofiah, Siti. 2013. Eksplorasi Bentuk-bentuk Geometri dengan Berbagai Media untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Kelompok A1 TK Masyhoh Tuna Bangsa. [Skripsi] Universitas Negeri Semarang.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiriatmadja, Rohchidia . 2005. Metode Peneltian Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Yuliani M, S., Salwiah, Hidayah, A. N., Pabunga, D. B., Nurhayati, Aisyah, & Asmudin. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kegiatan Home Visit Bagi Guru TK.Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,3(2), 100–105. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.6

Downloads

Published

2024-08-02