MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ANAK MELALUI KONSEP PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DI TK MELATI DESA PUUDONGI KABUPATEN KOLAKA

IMPROVING CHILDREN'S DISCIPLINE THROUGH THE CONCEPT OF SCAFFOLDING LEARNING AT KINDERGARTEN MELATI PUUDONGI VILLAGE, KOLAKA REGENCY

Authors

  • Sukmawati Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Muhamad Safiuddin Saranani Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Damsir Dima Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

kedisiplinan, Konsep Scaffolding

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Konsep Pembelajaran Scaffolding di TK Melati Desa Puudongi Kabupaten Kolaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B yang berjumlah 14 orang anak terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 6 orang anak laki-laki dengan rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 78% menjadi 90% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 71% menjadi 90%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan anak dapat ditingkatkan melalui konsep pembelajaran scaffolding di TK Melati Desa Puudongi Kabupaten Kolaka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sukmawati, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

Muhamad Safiuddin Saranani, Universitas Halu oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

Damsir Dima, Universitas Halu oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

References

Aeni. (2011). Menanamkan Perilaku Disiplin pada Anak Melalui Dairy Activity Menurut Ajaran Islam. Jurnal: Pendidikan Agama Islam Ta’lim, 9(1), hlm. 17-29.

Dewi Mulia, H. (2008) Makalah Penelitian Tindakan Kelas. Pekalongan: TK Aisyiyah Bustanul Athfal.

Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Fadilla, P., & Koryati, D. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 1(1), 63-77.

Faujiah, S., Mulyadi, S., & Sumardi, S. (2020) Analisis Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 346-357.

Fitriyani, F., Salwiah, S., & Susanti, S. M. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini Di Desa Lawele Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton. Jurnal Lentera Anak, 1(2), 34-39.

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kartono, Kartini. (1995). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.

Mansur. (2005). Pendidikan anak usia dini dalam islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Munawaroh, Siti (2016). Perilaku Disiplin Dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yokyakarta. Yokyakarta: BPNP.

Ngalim, Purwanto. (1985). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remadja Karya.

Purwantini, P., & Surtikanti, S. H. M. (2013). Pengembangan Kemandirian Melalui Penerapan Teknik Scaffolding pada Anak Kelompok A di Bustanul Athfal Aisyiyah Mireng III Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2013-2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sujiono, Yuliani Nurani. (2005). Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini Panduan Bagi Orang Tua Dalam Membina Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta: Elex media komputindo.

Trianto, (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles