MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK MELALUI ANEKA PERMAINAN BERGAMBAR DI TK MEKAR TERAPUNG KABUPATEN BOMBANA

IMPROVING CHILDREN'S LEARNING INTEREST THROUGH VARIOUS PICTURE GAMES IN TK MEKAR TERAPUNG BOMBANA REGENCY

Authors

  • Iis Sulistiawati Universitas Halu Oleo
  • Sitti Rahmaniar Abubakar Universitas Halu Oleo
  • Ahid Hidayat Universitas Halu Oleo

Keywords:

bergambar, minat belajar, permainan

Abstract

Minat belajar didalam diri anak usia dini harus  di perhatikan karena akan mempengaruhi kegiatan belajar anak oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak melalui aneka permainan bergambar di TK Mekar Terapung Desa Baliara Kecamatan Kabaena Barat Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah guru dan anak di TK Mekar Terapung yang berjumlah 11 orang terdiri dari 2 putra dan 9 putri. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di temukan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru dari 75% menjadi 93,75%. (2) Aktivitas belajar anak dari 62,5% menjadi 87,5%. (3) Minat belajar anak dari 63,63% menjadi 90,90% dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar anak dapat ditingkatkan melalui aneka permainan bergambar di TK Mekar Terapung Desa Baliara Kecamatan Kabaena Barat Kabupaten Bombana

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, S.R, 2018. Mencegah Lebih Efektif dari Pada Menangani (Kasus Bullying Anak Usia Dini). 1-9. Jurnal.https://smartpaud.uho.ac.id/.

Anshoriyah, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Media TV Sekolah dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Kelompok B di RA Amal Shaleh Jember. Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 135-144.

Harjanty, R. (2019). Peningkatan Kreativitas Melalui Aktivitas Menggambar pada Anak Usia 5-6 Tahun. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 4-8.

Izatusholihah, Y., & Muslihin, H. Y. (2021). Permainan Tebak Gambar dalam Menstimulasi Karakter Percaya Diri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 71-80.

Jamil, I. M. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 1(1), 6.

Kasim, A. (2019). Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Kegiatan Bermain di Kelompok B TK Tunas Mutiiara Kendari. Skripsi: Universitas Halu Oleo.

Lakari, F., Ismail, F., & Syah, I. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Media Gambar. Journal of Elementary Educational Research, 1(2), 49-55.

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24-32.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140.

Sakur, S., Ma’ruf, A., Indah, N., Moriska, S., Pratiwi, A., & Arpani, H. A. (2022). Melatih Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kompetensi Lomba Mewarnai di RA Ulil Amri Desa Paritbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 60-65.

Sumiati, (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Melalui Media Gambar di Kelompok B TK Melati Puri Tawang Alun Kendari. Skripsi: Universitas Halu Oleo.

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48-56.

Yono, Y. S., M, S. Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55.

Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017). Effects of Physical Activity on Motor Skills and Cognitive Development in Early Childhood: A Systematic Review. SARBioMed Research International, (2017), 1-13.

Downloads

Published

2024-08-02