MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM MENGGUNAKAN KERTAS ORIGAMI DI KELOMPOK B TK ARSYA BELAJAR KABUPATEN BOMBANA

IMPROVING CHILDREN'S FINE MOTOR SKILLS THROUGH WEAVING ACTIVITIES USING ORIGAMI PAPER IN GROUP B TK ARSYA BELAJAR BOMBANA DISTRICT

Authors

  • Wirdayanti Universitas Halu Oleo
  • Sri Yuliani M Universitas Halu Oleo
  • Nur Aeni Muhlisa Dhafet Universitas Halu Oleo

Keywords:

motorik halus, menganyam kertas origami

Abstract

Kegiatan menganyam memberi banyak manfaat bagi perkembangan motorik halus anak, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam menggunakan kertas origami di kelompok B TK Arsya Belajar Kelurahan Lameroro Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B berjumlah 12 orang yang terdiri atas 6 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru dari 78,57% menjadi 92,86%, (2) Aktivitas belajar anak dari 78,57% menjadi 92,86%, (3) Hasil belajar anak dari 83,33% menjadi 91,67%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan menganyam menggunakan kertas origami di TK Arsya Belajar Kelurahan Lameroro Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abarua, Hermelina. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menempel di Kelompok Bermain. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 1(2).

Alfiah, Siti. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam (TK Dharma Wanita Kletekan 2 Jogorogo Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education, 1(01), 59-64.

Asni, & Dorce Banne Pabunga. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Kain Flanel, Jurnal Riset Golden Age Paud Uho.p.107.

Azlin, Muamal Gadafi, Hidayah, A, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik halus dengan kegiatan Mengayam Bahan Alam. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho. Vol.5, No.3.

Az-Zahra, Putri, dkk. (2022). Pengaruh Kegiatan Menganyam terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 84-94.

Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho. 1(2), 91-101.

Halfiani, Saranani, S, M, Mustar, S, Y. (2022). Kegiatan Membuat Kolase dari Bahan Alam untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho. Vol.5, No.3.

Hildayani, Rini. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Iskandar, S., & Aisyah, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Kotobu Kabupaten Muna. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho, 1(1), 1-8.

Khairani, Makmun. (2013). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : Presindo.

Marni, Sri Yuliani M, Afifah Nur Hidayah. (2021). Upaya Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Demonstrasi Melipat Origami. Jurnal Riset Golden Age Paud Uho. Vol.4, No.2.

Ningrum, Muhima Talfiana. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam di Kelompok B TK ABA II Pantoloan. Bungamputi, 3(3).

Oktavia, Nuraeni. (2014). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Kertas. Universitas Negri Yogyakarta.

Saputra, Aidil. (2018). Pendidikan anak pada usia dini. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192-209.

Sari, Heni Meilani, dan Yelva, Nofriyanti. (2019). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 146-151.

Seniwati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Gambar Pada Kelompok B TK PGRI 02 Padamara. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 1 (September), 129-140.

Wandi, Zherly Nadia, dan Mayar, Farida. (2020). "Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4.1: 351-358.

Wiyani, Novan Ardy. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Yono, Y, S., M, S, Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Kemampun Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55, httpsdoi.org/10.36709/japend.v2i1.17865.

Yuningsih, A., & Hasanah, U (2018). Penggunaan Playdogh Dalam mengembangkan Motorik Halus. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 117-128.

Downloads

Published

2024-08-02