MANAJEMEN LITERASI FINANSIAL BAGI ANAK USIA DINI MELALUI PROGRAM CELENGAN DI RA DIPONEGORO ADISARA

Authors

  • Umi Masruroh UIN Prof. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Novan Ardy Wiyani UIN Prof. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Keywords:

celengan, literasi finansial, manajemen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial anak melalui program celengan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yang menyajikan data berupa kalimat narasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa RA Diponegoro Adisara yang berjumlah 30 anak. Hasil penelitian diperoleh bahwa manajemen program celengan di RA Diponegoro Adisara untuk meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini dilakukan dengan mengaktualisasi empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Program celengan  di RA Diponegoro Adisara telah mampu meningkatkan kemampuan literasi finansial anak di RA Diponegoro Adisara sejak dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldilla, I. (2023). Dongeng literasi keuangan anak usia dini kepada siswa-siswi TK Telkom Schools Buahbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, Vol.2 no.1.

Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian kualitatif. CV Jejak:

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka cipta.

Chitkara, K. K. (2009). Construction Project Management: Planning, Scheduling and Controlling. Tata McGraw Hill Education Private Limited.

Damschroder, L. J. (2020). Clarity out of chaos: Use of theory in implementation research, Psychiatry Research, Volume 283(112461).

Desrinelti, D., Afifah, M., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan publik: konsep pelaksanaan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 83. https://doi.org/10.29210/3003906000

Diana, I. N., & Susilo, H. (2020). Peserta Didik Di Kelompok Bermain Mambaul Ulum. J+ Plus Unesa, 9(2), 94. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/36184

Fathoni. (2020). Manajemen Pengawasan pada Program Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sidoarjo. Scholastica's: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 118–126.

Frisca, D., Widyastuti, U., & Buchdadi, A. D. (2023). Determinan Perilaku Menabung Pada Siswa Sekolah Menengah Atas; Peran Literasi Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Journal of Business Application, 2((1)), 30–44.

Hasbi, M., Siantajani, Y., & Wardhani, B. (2019). Pedoman Pendidikan Sosial Finansial di Satuan PAUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Materi pendukung literasi finansial. In Materi pendukung literasi finansial. Kemendikbud.

Lizza, S. (2022). Edukasi Literasi Finansial Kepada Anak Usia Dini Melalui Poster Di Desa Lontar Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang No Title. Jurnal Pelatihan Pendidikan, 1 no.

Mundir, A. (2018). Penerapan Pendidikan Finansial pada Anak Usia Sekolah. Journal of Education AL-Mudarris, Vol. 1 No., 108–120.

Natsir, K. (2021). Mendorong Peran Orang Tua dalam membangun literasi keuangan anak sejak dini. Seri Seminar Nasional Ke-III Universitas Tarumanegara, 2 Desember 2021, 1143–1150.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. (2022). Siaran Pers Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), November, 10–12.

Patiung, D., Alwi, B. M., Magfira, P., Alfiah, N., Salsabila M, R., & Alawiyah, T. (2019). Meningkatkan Jumlah Peserta didik pada Satuan PAUD. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(2), 129–134.

Purnama, E., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Toddler-KB-TK Kristen 03 Eben Haezer Salatiga. Kelola: Jurnal Manajemen …, 225–238. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/5302

Pusitaningtyas, A. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Proceedings of the ICECRS, 1(1), 935–942. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.632

Rapiatunnisa, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(01), 17–26. https://doi.org/10.46963/mash.v5i01.423

Setiawan, S. (2022). Fungsi Pengorganisasian. Universitas Mataram.

Venkadesan, T., Priya, M. M. V., & Suganya, S. (2017). Planning and Scheduling of Commercial Projects Using Advanced Management Software. International Journal of Latest Research in Engineering and Technology (IJLRET), 03(10), 42–52.

Walker, K. L., & Swank, J. M. (2022). Supervision in Nature: Integrating the Natural World in Supervision. Journal of Counselor Preparation and Supervision, 15((4)), 6.

Windiyaningrum, A. (2010). Efektivitas Program Peningkatan Keterampilan Hidup Melalui Aktivitas Menabung pada Siswa Berkebutuhan Khusus (Studi kasus pada Siswa Tunagrahita Klasifikasi Ringan). Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles