MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERMAIN BALOK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA 2 TOMIA

IMPROVING NUMERACY SKILLS THROUGH NUMBER BLOCK PLAYING ACTIVITIES FOR CHILDREN IN GROUP B AT TOMIA 2 PUBLIC KINDERGARTEN, TOMIA DISTRICT

Authors

  • Feny Fadila Dila UHO
  • Sitti Rahmaniar Abubakar Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Afifah Nur Hidayah Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

balok angka, berhitung, bermain

Abstract

Berhitung pada anak usia dini menjadi tahap kedua dari mengenal angka, pentingnya kemampuan berhitung anak usia dini untuk menyiapkan anak masuk pada tingkat satuan dasar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui kegiatan bermain balok angka di kelompok B TK Negeri Pembina 2 Tomia Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi. Subjek dalam penelitian ini adalah  guru dan anak pada kelompok B TK Negeri Pembina 2 Tomia Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi yang berjumlah 15. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada siklus I hingga siklus II aktivitas mengajar guru mencapai 63.23% menjadi 91.31% dan aktivitas belajar anak didik mencapai 66,66% menjadi 100%. Dan, Hasil belajar anak pada siklus I mencapai persentase 53,3% dan meningkat pada siklus II menjadi 93,4%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain balok angka pada kelompok B di TK Negeri Pembina 2 Tomia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, S.R, Pabunga, D, B. Rahayu, E. (2018). Penggunaan Media Stik Angka Berwarna dalam Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Pada Anak Usia Dini. Prosiding SNPMAT I Tahun 2018, 1 (1), 250-258

Anggreani, C. dan Nasirun. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Menggunakan Metode Bermain melalui Media Ikan di Aquarium Pada Kelompok B TK Iqra. Skripsi. Universitas Bengkulu.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Delfia, Eva. (2020). Penanaman Konsep Berhitung Anak melalui Permainan Pencocokkan Kepingan Buah. Jurnal Obsesi Pendidikan Anak Usia Dini Vol 4 No 1

Depdiknas. (2009). Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dhieni, Nurbiana. (2020). Panduan Penegarian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini

Harahap, O. F. M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media pembelajaran: teori dan perspektif penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa inggris. CV. Azka Pustaka.

Indrawan, I., Subhan, M., Putri, A. A., Royani, I., & Yoerfa, R. (2022). Perkembangan Anak Usia Dini. Penerbit Qiara Media.

Lestari, Dewi. (2014). Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No 2 ISSN 2354-614X.

Mualifah, M. (2013). Storytelling sebagai Metode Parenting untuk Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 10(1).

Mulyasa (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mooney, Claire, Briggs, Mary, Fletcher, Mike, Hansen Alice, Mc Cullouch, Judith. (2009). Primariy Mathematics: Teaching, Teory and Practice. Exeter: Learning Matters

Peraturan menteri Pendidikan Republik Indonesia nomor 58 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahayu, Kuat. (2016.) Identifikasi Kemampuan Berhitung Anak TK Kelompok B di Kelurahan Ringinharjo Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Salim, Jamiludin, Darnawati, Abubakar, S.R, Nurhayati, Irawaty. 2020. Pelatihan Pengembangan Desain Instruksional Untuk Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarat Indonesia Vol. 1 No 2. Mei 2020, 95-105

Santoso, Soegeng. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.

Schwartz, Sydney L. (2005). Teaching Young Childern Mathematics. Westport. CT. Praeger.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2018) . Belajar dan Mengajar Matematika Anak Usia Dini Makala disampaikan pada Seminar Pendidikan Anak Usia Dini di Sidoarjo.

Sujiono. (2006). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka

Sundayana, Rosita. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, D. (2009). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Matematis Siswa Kelas X SMAN 1 Gamping dengan Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Skripsi

Undang-Undang Nomor 20 Tahun (2003) Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yuliani, Nurani Sujiono. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2023-11-25