MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN TARIK TAMBANG DI TK PGRI KONTUKOWUNA KABUPATEN MUNA

IMPROVING OF CHILDREN'S SOCIAL EMOTIONAL ABILITY THROUGH TUG WAR GAMES IN PGRI KONTUKOWUNA KINDERGARTEN MUNA DISTRICT

Authors

  • Usmin Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Asmuddin Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Harlin Yusuf Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

kemampuan sosial emosional, permainan tarik tambang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Permainan Tarik Tambang dapat meningkatkan social emosional anak di TK PGRI Kontukowuna Kabupaten Muna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di TK B PGRI Kontukowuna yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 69,23% menjadi 92,30% dan pada aktivitas belajar anak juga mengalami peningkatan dari 69,23% menjadi 92,30%. Hasil evaluasi belajar anak berupa kemampuan sosial emosional anak melalui permainan tarik tambang menunjukkan adanya peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 46,7% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66,7%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui permainan tarik tambang di TK PGRI Kontukowuna.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Usmin, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

Asmuddin, Universitas Halu oleo, Indonesia

Jurusan Penjaskes-rek FKIP Universitas Halu Oleo

Harlin Yusuf, Universitas Halu oleo, Indonesia

jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

References

Euis, Kurniati. (2017). Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak, Jakarta: Prenada Media Group.

Fadillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta; Kencana.

Filtri, H. (2017). Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Ibu yang Bekerja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 1 No.1. Hal. 32-37.

Harahap, S., M. & Kamtini. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Tarik Tambang Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Panca Budi Medan T.A. 2016-2017. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas. Vol. 3, No.1. Hal. 52-61.

Muliyani, Novi. (2017). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal ilmiah mahasiswa Raushan Fikr. 3(1):133-47.

Musyarofah. (2017). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. Interdisciplinary Journal Of Communication. Volume 2, no.1. Hal. 99-122.

Nugrahaningtyas, R., D. (2014) Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Di Panti Asuhan Benih Kasih Kabupaten Sragen. BELIA: Early Childhood Education Papers. Vol. 3 No. 2. Hal. 18-23.

Nurhayati, I. (2012). Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment. 1(2), 39-48.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Supriyadi, salam. (2023). Analisis Karakter Sosial Emosional Anak Pada Permainan Tradisional Tarik Tambang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Volume 4 Nomor 1. Hal. 81-87.

Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengatar Dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syamsu Yusuf, Nani M. Sugandhi, (2013). Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles