ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMFASILITASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
Keywords:
anak usia dini, media pembelajaran , sosial emosionalAbstract
Pentingnya perkembangan sosial emosional anak sejak dini agar anak dapat bersosialisasi dan mengolah perasaannya, maka diharapkan guru mampu meningkatkan rangsangan terhadap perkembangan sosial emosional anak. Media pembelajaran dapat membantu guru mengoptimalkan perkembangan anak. Sehingga diperlukan media pembelajaran untuk memfasilitasi perkembangan sosial emosional anak. Penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam memfasilitasi perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina. Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif, metode ini bersifat deskriptif juga menggunakan analisis dalam penggunaannya. Sumber data penelitian berasal dari guru dan anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menjelaskan bahwa di TK Negeri Pembina sudah menggunakan media dalam setiap pembelajaran, namun tidak ada media yang secara khusus dirancang untuk memfasilitasi perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun.
Downloads
References
Agustina, S. (2020). Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Metode Proyek di Taman Kanak-Kanak Gajah Mada Kota Baru Bandar Lampung. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung, Lampung.
Aga, M. E. F., Samidi, & Sujana, Y. (2014). Penggunaan Media Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Kelompok B TK Merpati POS Tahun Pelajaran 2013/2014. Kumara Cendekia, 2(1), 1–8.
Aprily, N. M., Purwanti, S. A., & Prehanto, A. (2022). Pola Asuh Demokratis terhadap Karakter Jujur Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Aga Pedia, 6(1), 123–126.
Ayuningtyas, M., & Simatupang, N. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Sospol (Sosem Monopoli) Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5. Journal.Upy. Ac Id, 02 (02), 5–6. http://journal.upy.ac.id/index.php/CIKAL/article/view/2239
Dewi, E., Mulyana, E., & Santana, F. D. T. (2020). Permainan Congklak Sebagai Media Pembelajaran Dalam Menumbuh Kembangkan Sosial Emosional Pada Anak-Anak Usia Antara 5-6 CERIA (Cerdas Energik, 3(3), 205–211. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4116
Fadhilah, F. (2015). Media Pembelajaran yang Cocok bagi Anak-anak Usia Dini Taman Kanak-kanak. Jurnal Studi Pendidikan, Riset Dan Pembangunan Pendidikan Islam, 4(2), 21–40.
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Hidayah, A. N., Setiawan, D., Hidayah, A. N., & Setiawan, D. (2022). Kegiatan Bermain Peran untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Pada Kelompok Bermain Birrul Walidain Sragen Role Playing Activities to Develop Children's Social Emotional In The Birrul Walidain Playgroup Sragen. Jurnal Pendidikan, 31(1), 1–8.
Husaini, A., & Lestari, S. (2019). Studi kasus tentang siswa yang kesulitan bersosialisasi dengan teman sebaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1–8.
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301
Lukitasari, S. (2017). Deskripsi Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun di KB/TK Pedagogia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(6), 231–240. journal.student.uny.ac.id
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2),312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php
Mukhlis, A., & Handani Mbelo, F. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 01(01), 11–28.
Purwanto, & Ambarwati. (2022). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9626–9635.
Rahman, T., Mulyana, E. H., & Fathirahmah, E. D. (2020). Pengembangan Media Permainan Sains Di Sentra Bahan Alam Pada Kelompok B. 3(6), 623–633.
Rositi, R., Anggraini, H., & Sulistianah, S. (2022). Dinamika perilaku berbagi anak usia dini di tk tunas kusuma bandar lampung tahun pelajaran 2021/2022. Early Childhood Research & Practice-ECRP, 1(1),1–8. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/ecrp/article/view/1949
Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170
Wandari, Y., & Nurmaniah. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Emosi Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Hikmatul Fadhillah Medan Denai T.A. 2017/2018. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 1–6.
Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 34. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022 Cucu_Eliyawati/Media_Pembelajaran_Anak_Usia_Dini-Ppg_Upi.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nuraly Masum Aprily, Noer Apri Laeni, Taopik Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.