ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN SINGINGI

Authors

  • Faridatun Sa’adah universitas riau
  • Yeni Solfiah Universitas Riau
  • Rita Kurnia Universitas Riau

Keywords:

matematika permulaan , taman kanak-kanak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran matematika permulaan di Taman Kanak-Kanak se-Kecamatan Singingi dilihat dari indikator kurikulum, proses pembelajaran dan asesmen. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika permulaan di Taman Kanak-Kanak se-Kecamatan Singingi. Hasil dari penelitian ini secara umum pelaksanaan pembelajaran matematika permulaan di Taman Kanak-Kanak se-Kecamatan Singingi berada pada kategori baik dengan presentase 77,29%. Hasil analisis data pada indikator kurikulum tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase 84,39%. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran matematika permulaan sudah terlaksana dengan sangat baik. Hasil analisis data pada indikator proses pembelajran tergolong dalam kategori baik dengan persentase 79,35%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika permulaan  sudah terlaksana dengan baik. Hasil analisis data pada indikator asesmen tergolong dalam kategori baik dengan persentase 74,81%. Hal ini menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan asesmen pembelajaran matematika permulaan dengan baik di TK se-Kecamatan Singingi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggani Sudiono. (2009). Pengembangan Anak Usia Dini. PT Gramedia. Jakarta.

Anita Yus. (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Kencana. Jakarta.

Bailey, D. B. (2002). Are critical periods critical for early childhood education? The role of timing in early childhood pedagogy. Early Childhood Research Quarterly, 17(3), 281–294.

Brewer. (2007). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana. Bandung.

Butterworth, B. (2011). Foundational Numerical Capacities and the Origins of Dyscalculia. Space, Time and Number in the Brain (Vol. 1). Elsevier Inc.

Copley. (2001). The Young Child and Mathematics. Washington DC. NAEYC.

Dini, J. P. A. U. (2019). Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 396-403.

Gersten, R., Jordan, N. C., & Flojo, J. R. (2014). Early Identification and Mathematics Difficulties, 38(4), 293–304.

Istiyani, D. (2014). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) Pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10 (1).

Palida, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Permainan Balok Angka di Taman Kanak-Kanak Al-Falaah Banjar Pasaman Barat. JURNAL PESONA PAUD, 1(1).

Putri, D.M (2012). Pembentukan Konsep Diri Anak Usia Dini di One Earth School Bali. Journal Communication Spectrum, 2(1).

Rachmawati, Y. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Prenada Media.

Rahmawati, Vijaya, E. S., Puslitjakdikbud, P. U., Development, P., Mathematics, C., & Pedagogy, M. (2008). International Science Achievement. 2016, 2015.

Ramani, G. B., & Siegler, R. S. (2008). Promoting Broad and Stable Improvements in Low-Income Children’ s Numerical Knowledge Through Playing Number Board Games, 79(2), 375–394.

Sari, R.P. (2013). Kegiatan Bermain Matematika. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 263-274.

Setiyo, utoyo. (2017). Metode pengembangan matematika anak usia dini. Ideas. Gorontalo (2010), Statistik untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung

Solfiah, Yeni. (2018). Kemampuan Mengajar Matematika Guru TK di TK Pembina Se- Kota Pekanbaru. Journal of Islamic Early Childhood Education. 1 (1): 75-87 Universitas Riau. Pekanbaru

ST. Ramlah R ., Salwiah., A. H. . (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hiaiyah melalui Kartu Huruf. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(3), 245–253.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Suhendra. (2005). Senang Matematika. Erlangga. Jakarta.

Suwardi, Masni Erika Firmiana, (2010). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Humaniora. 2 (4): 297-305 Universitas al Azhar Indonesia. Jakarta.

Suyadi, & Maulidya, U. (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tagle, J., Belecina, R.R., & Ocampo Jr, J.M. (2017). Developing Algebraic Thinking Skill among Grade Three Pupils through Pictorial Models. EDUCARE, 8(2).

Ulfiani rahman. (2015). Pengaruh Kecemasan dan Kesulitan belajar Matematika terhadap Hasil belajar Matematika Pada Siswa Kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Journal Matematika, 3, 85–102.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles