PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Authors

  • Nur Rahma Universitas Halu Oleo
  • Sri Yuliani M. Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Salwiah Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

Articulate Storyline, Kemampuan Berhitung Permulaan, Media Interaktif

Abstract

     

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Interaktif Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak usia 5-6 tahun kelompok B TK Wulele Sanggula II Kota Kendari. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 anak dan kelompok B2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sebanyak 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data; uji skor normalized Gain (N-Gain). Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa media interaktif Articulate Storyline memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Wulele Sanggula II Kota Kendari dengan nilai rata-rata hasil N-Gain kemampuan berhitung anak kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung dengan nilai rata-rata N-Gain untuk kelas eksperimen adalah 0.8735 sedangkan nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol adalah 0.6007.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, & Istiarini. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338

Darnawati, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Fathurrohman, M. (2012). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Fauziyah, P. R., Yuliati, N., & Nuriman, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Demonstrasi dengan Media Sempoa Pada Anak Kelompok B1 di TK Amelia Kecamatan Sumber sari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Edukasi, 4(3), 45-48.

Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ Attitudes Towards Social Media (SM) Use in Online Learning Amid The COVID-19 Pandemic: The Effects of SM Use by Teachers and Religious Scholars During Physical Distancing. Journal Heliyon, 7(4), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781.

Indriani, U. (2021). Keefektifan penggunaan media pembelajaran Power Point terhadap kemampuan matematika permulaan anak usia 5-6 tahun (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim), 2.

Latif, M., Zubaidah, R., &Afandi, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan AnakUsia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nugraheni, Tri. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Di SMK Negeri 1 Kebumen. Fip.

Neppala, P., Sherer, M. V., Larson, G., Bryant, A. K., Panjwani, N., Murphy, J. D., & Gillespie, E. F. (2018). An Interactive Contouring Module Improves Engagement and Interest in Radiation Oncology Among Preclinical Medical Students: Results of a Randomized Trial. Practical Radiation Oncology, 8(4), e190–e198. https://doi.org/10.1016/j.prro.2018.01.001.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183.

Purnama, S., & Asto B, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2).

Qumillaila, Susanti, & Zulfiani. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 57–69. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9786/pdf. %0A

Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas XI di SMA Sriwijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(1), 52–65. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.v5i1.7898

Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.

Salim, S. 2017. Penggunaan E-Learning Edmodo Pada Mahasiswa Jurusan PG- Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04 (1), April 2021 (62-71)

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipons Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana, 47-98.

Syabri, K., & Elfizon. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 01(01), 95–99.

Trinawindu, I. B. K., Dewi, A. K., & Narulita, E. T. (2016). Multimedia Interaktif untuk Proses Pembelajaran. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa dan Desain, 19 (23), 35-37.

Yasa, K. A., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Materi Elektro Listrik untuk Kelas XI MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol 14, No 2, 202.

Yuliani M, S., Salwiah, Hidayah, A. N., Pabunga, D. B., Nurhayati, Aisyah, & Asmudin. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kegiatan Home Visit Bagi Guru TK. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.6

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles