ASESMEN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

Authors

  • Masyunita Siregar Universitas Jambi, Indonesia
  • Indryani Universitas Jambi, Indonesia
  • Miftakhul Jannah Universitas Jambi
  • Nurizati Syafina Universitas Jambi, Indonesia
  • Ajeng Octatya Dwiyani Universitas Jambi, Indonesia

Keywords:

asesmen, pendidikan anak usia dini, perkembangan motorik kasar

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini ialah pendidikan yang strategis dan penting dalam perkembangan anak. Aspek perkembangan motorik kasar anak usia dini merupakan hal yang penting untuk dinilai dalam asesmen. Asesmen dilakukan untuk mendeteksi arahan dan perkembangan dalam asesmen diagnostic, mengidentifikasi kebutuhan dan minat anak, menggambarkan kemajuan belajar dan perkembangan anak, memperbaiki kegiatan pembelajaran, mengembangkan kurikulum, dan mengasesmen program dan lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan asesmen perkembangan motorik kasar pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan kajian kepustakaan. Data dikumpulkan melalui penelusuran dan pengumpulan sumber-sumber penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas evaluasi dan asesmen perkembangan motorik kasar pada anak usia dini masih perlu ditingkatkan. Beberapa penelitian juga mengembangkan instrumen penilaian yang reliabel dan valid dalam mengukur motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini memberikan pemahaman dan kontribusi tentang asesmen perkembangan motorik kasar anak usia dini dan pentingnya pengembangan instrumen penilaian yang berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.D. Arumsari & F.Y. Putri (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Media Of Teaching Oriented and Children

Baidhow. (2018). Instrumen Penilaian Sikap Sosial (Studi Penilaian Sikap Sosial Pada Mata Pelajaran Fikih Di Jurusan Tehnik Dan Bisnis Sepeda Motor Smk Muhammadiyah 1 Patuk) Muhammad Rizal. Jurnal Edudeena, 2(1).

Dewi, I. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Hambatan Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Susut Kaja Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Dewi, I. D. A. L., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Instrumen Asesmen Untuk Mengukur Perkembangan Fisik Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 416-422.

Fitriani, K., Miranda, D., & Amalia, A. (2022). Analisis Perencanaan Asesmen Perkembangan Motorik Anak 5-6 Tahun Di Tk Islam Raudhatul Muhtadin Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 11(10), 2486-2495.

Fitriani, K., Miranda, D., & Amalia, A. (2022). Analisis Perencanaan Asesmen Perkembangan Motorik Anak 5-6 Tahun Di Tk Islam Raudhatul Muhtadin Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 11(10), 2486-2495.

Hamdi, S., Suganda, I. A., & Hayati, N. (2018). Developing Higher-Order Thinking Skill (Hots) Test Instrument Using Lombok Local Cultures as Contexts for Junior Secondary School Mathematics. Research And Evaluation in Education, 4(2), 126–135.

Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97.

John W. Santrock, Perkembangan Anak Edisi Kesebelas: Jilid 1, (Jakarta:Erlangga,2007).

Khadijah, K., & Amelia, N. (2020). Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 69-82.

Mahyuddin, Nenny. (2021). Penilaian Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Era 4.0. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5 (2), 24-35.

Maulidiyah, E. C. (2017). Asesmen Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Perempuan Dan Anak, 1(1).

Ovifah, D. S. N. (2018). Outbound Sebagai Teknik Assessment Perkembangan Motorik Kasar & Sosial-Emosional Anak Kelompok A Di Ra Ar-Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Primanisa, R., & Jf, NZ (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3 (1)

Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini.

Putri, V. M. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Motoric, 4(1), 154-160.

Ramadhani, A. R., Chairunnissa, D., & Zeen, N. S. F. (2022). Efektivitas Asesmen Dan Evaluasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pasca Pembelajaran Online Di Tkit an Nuur 2 Surabaya. Helper: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 39(2), 81-90.

Sari, E. P. M. (2016). Pengembangan Instrumen Asesmen Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Malang).

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114.

Segers, M., Martens, R., & Bossche, P. Van den. (2018). Understanding how a case-based assessment instrument influences student teachers’ learning approaches. Teaching and Teacher Education,24(7).

Setyawan, C. F., Sudirman, D. F., Sari, D. P., Nurulita, F. R., & Eva, N. (2021). Asesmen Perkembangan Sosio Emosinal Pada Anak Usia Dini. In Seminar Nasional Psikologi Um, 1 (1), 58-70.

Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27.

Siddiq, F., Hatlevik, O. E., Olsen, R. V., Throndsen, I., & Scherer, R. (2019). Taking a future perspective by learning from the past – A systematic review of assessment instruments that aim to measure primary and secondary school students’ ICT literacy. Educational Research Review, 16.

Suyadi, S. (2016). Perencanaan Dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65-74.

Talango, S. R., & Pratiwi, W. (2018). Asesmen Perkembangan Anak (Studi Kasus Asesmen Perkembangan Anak Usia 2 Tahun). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 49-60.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional

Wei, X., Saab, N., & Admiraal, W. (2021). Assessment of cognitive, behavioral, and affective learning outcomes in massive open online courses: A systematic literature review. Computers & Education,163, 104097.

Yesti Afriani, Sri Yuliani M. (2018). Meningkatkan Pengenalan Rukun Islam Melalui Melalui Media Kartu Bergambar Di Kelompok Sentra Persiapan TK Kartika Xx-46 Kota Kendari, Jurnal Riset Golden Age Paud UHO. Vol. 1(2): 149-156.

Yudha M. Saputra & Rudyanto. (2005). Pembelajaran, Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Usia Tk.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi B andung, 1(1), 92-111.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles