PERAN GURU DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI DI KELOMPOK B RA DINUL ISLAM KENDARI

THE ROLE OF TEACHER FORMATION A GOOD CHARACTER AT THE CHILDREN OF GROUP B RA DINUL ISLAM KENDARI

Authors

  • Dinar Salasatun Ashar Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Sri Yuliani M. Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Salwiah Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

Anak Usia Dini, Budi Pekerti, Peran Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan budi pekerti di kelompok B RA Dinul Islam Kendari Tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru RA Dinul Islam Kendari. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan budi pekerti yaitu mengajari anak membaca doa-doa sebelum melakukan sesuatu, mengajari anak tata cara sholat, memberikan apresiasi kepada anak berupa jempol atau ucapan yang membangkitkan semangat anak jika melakukan hal positif, menyediakan media terkait penanaman budi pekerti yaitu media huruf hijayyah, mengenalkan rumah ibadah, tata cara sholat dan tata cara berwudhu. Nilai-nilai yang ditanamkan yaitu berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenalkan hari besar agama, mengajarkan ibadah, toleransi, kesadaran diri, rasa tanggung jawab serta prilaku prososial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dinar Salasatun Ashar, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan PGPAUD FKIP Universitas Halu Oleo

Sri Yuliani M., Universitas Halu oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

Salwiah, Universitas Halu oleo, Indonesia

Jurusan PAUD FKIP Universitas Halu Oleo

References

Afriani, Yesti & Yuliani Sri. (2018). Meningkatkan Pengenalan Rukun Islam Melalui Media Kartu Bergambar Di Kelompok B Sentra Persiapan Tk Kartika Xx-46 Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol. 1(2): 149-156.

Agustin, R. D. (2016). Kemampuan penalaran matematika mahasiswa melalui pendekatan problem solving. Jurnal Pendidikan. Vol 5(2): 179-188.

Amaludin, R & Said Hasmira. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Smart Paud. Vol 4(2): 96-102.

Ananda, M. A., & Pratama, A. (2021). Strategi Mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti Di Paud. Tarbiyah Bil Qalam Jurnal Pendidikan Agama dan Sain. Vol 5(1): 58-68.

Haseng, N. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Budi Pekerti Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Limboto. Early Childhood Islamic Education Journal. Vol 2(02): 16-33.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Vol 1(1): 1-15

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. Buletin Psikologi. Vol 23(2): 103-111.

Salwiah, Sri Yuniani M et al, 2022. Evaluation of Distance Learning in-Prescholl During the New Pandemic Vol.16 no 1 Hal 101-115 https://doi.org/10.21009/JPUD.161.07

Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu. Vol 2(2): 65-73.

Sinarsih Sinarsih, E. A. (2021). Peran Guru Sebagai Motivator Untuk Peserta Didik. Basa Journal of Language & Literature. Vol 1(2): 28-36.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumaryam, S. (2020). Manajemen Nilai-Nilai Karakter untuk Siswa Taman Kanak-kanak. Media Manajemen Pendidikan. Vol 3(1): 112-123.

Syamsidiah. (2016). kiat mudah membuat penelitian bagi guru taman kanak-kanak. Yogyakarta : deeoublish.

Zahroh, L. (2015). Pendekatan dalam pengelolaan kelas. Tasyri'. Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah. Vol. 22(2): 175-189.

Zuriah, Nurul. (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-03-31

Issue

Section

Articles