MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA KOTAK PINTAR DI TK BARAKATI KOTA KENDARI

Authors

  • Aspiati Universitas Halu Oleo
  • Ahid Hidayat Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Arvyaty Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

anak usia dini, kemampuan keaksaraan, media kotak pintar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini dengan media kotak pintar di TK Barakati Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Barakati Kota Kendari dengan jumlah 16 anak didik yang terdiri atas 8 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Adapun tahapan Penelitian Tindakan Kelas yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan studi dokumen. Teknis analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I ke siklus II ditemukan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru dari 76,92% menjadi 92,30%, (2) Aktivitas belajar anak dari 61,53% menjadi 92,30%, (3) Hasil belajar anak dari 68,75% menjadi 93,75%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan keaksaraan anak usia dini dapat ditingkatkan dengan media kotak pintar di TK Barakati Kota Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, Yesti & Yuliani M, Sri. (2018). Meningkatkan Pengenalan Rukun Islam Melalui Media Kartu Bergambar Di Kelompok B Sentra Persiapan Tk Kartika Xx-46 Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol. 1(2), hlm 149-156.

Amini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), hlm 673-683.

Basori. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Kotak Pintar Di TK Mujahadah. Jurnal Al-Abyadh Prodi PIAUD STAI Diniyah Pekanbaru, 3(2), hlm 52-58.

Diana Nirva & Mesiono. (2016). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kusumaningrum, Panca Wahyu, dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kotak Pintar di TK Islam Terpadu Asiah Kecematan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kota Waringin Timur. Borneo Educational Management and Research Journal, 2(2), hlm 30-41.

Listriani, Ai dkk. (2021). Kemampuan Keaksaraan Anak Dini Usia5-6 Tahun Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), hlm 591-598.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2019). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), hlm 446.

Natalia, Diana & Lia Kurniawati. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Indonesia Playschool. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), hlm 1-9.

Neumann, M. M., Finger, G., & Neumann, D. L. (2017). A Conceptual Framework for Emergent Digital Literacy. Early Childhood Education Journal, 45(4), hlm 471–479.

Nurani, Yuliani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun (2013). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Rahayuningsih, Septiana Sheila, dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain dengan Menggunakan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), hlm 11-18.

Sriyanto. (2010). Pengertian Kemampuan. Semarang: Walisongo Press.

Untari, Nada Bela & Aulina, Choirun Nisak. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan Melalui Media Kotak Pintar Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak. Jurnal Acemedia Open, 4(7), hlm 7-10.

Weryhati, Astrian Puput & Lestari, Ririn Hunafa. (2022). Media Celemek Huruf: Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan pada Anak Kelompok B. Jurnal CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adatif), 5(6), hlm 606-613.

Yuliani M, S., Salwiah, Hidayah, A. N., Pabunga, D. B., Nurhayati, Aisyah, & Asmudin. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kegiatan Home Visit Bagi Guru TK. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.6

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles