MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN METODE PROYEK DI TK MATA OLEO DESA WAJOGU BUTON TENGAH

Authors

  • Liana Tantri Universitas Halo Oleo
  • Muhamad Safiuddin Saranani Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Damsir Dima Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

kemampuan sosial emosional, metode proyek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dengan metode proyek di TK Mata Oleo Desa Wajogu. Jenis penelitian ini adalah penelitian  tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di TK Mata Oleo, yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Berdasarkan hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 80% menjadi 90%.  Pada hasil belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 70% menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan sosial emosional anak di kelompok B TK Mata Oleo Desa Wajogu Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah dapat ditingkatkan melalui metode proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anbar Zumayyah M., & Sitti Rahmaniar Abubakar., M. S. S. (2021). Penerapan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) bagi Anak. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(3), 207–214. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v4i3.21519

Hurlock, Elizabeth. (2013). Perkembangan Anak. Erlangga: Jakarta

Dewey, John. (1964). Democracy and Education, An Introduction To The Philosophy Of Education, New York: The Macmillan Company.

Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 91–101. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/4675

Harefa, S. (2021). Factors Affecting Social Emotional of Early Childhood. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 2(1), 794–807.

Haslip, M. J., Allen-Handy, A., & Donaldson, L. (2019). How do Children and Teachers Demonstrate Love, Kindness and Forgiveness? Findings from an Early Childhood Strength- Spotting Intervention. Early Childhood Education Journal, 47(5), 531–547. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00951-7

Hildayani, Rini, dkk. (2009). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Isjoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Manik Miranti, Ai Sutini dan Tin Rustini. (2016). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Di Kelas B RA Al-Khoerivah Kecamatan banvuresmi Kabupaten Garut. Cibiru: Universitas Pendidikan Indonesia

Nindi Harmawati, Salwiah dan Afifa Nur Hidayah. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Kegiatan Permainan Tradisional batang Singkong. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Nurmalitasari, Femmi. (2015). Perkembangan Sosial Emos pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi. Vol.23 (2), hlm 173-194.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sulyana, Dadan. (2014). Modul Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyanto. (1997). Pedoman pelaksana penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles