MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN METODE PROYEK DI TK MATA OLEO DESA WAJOGU BUTON TENGAH
Keywords:
kemampuan sosial emosional, metode proyekAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dengan metode proyek di TK Mata Oleo Desa Wajogu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di TK Mata Oleo, yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri atas 9 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Berdasarkan hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 80% menjadi 90%. Pada hasil belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 70% menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan sosial emosional anak di kelompok B TK Mata Oleo Desa Wajogu Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah dapat ditingkatkan melalui metode proyek.
Downloads
References
Anbar Zumayyah M., & Sitti Rahmaniar Abubakar., M. S. S. (2021). Penerapan Metode Applied Behavior Analysis (ABA) bagi Anak. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 4(3), 207–214. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jrga.v4i3.21519
Hurlock, Elizabeth. (2013). Perkembangan Anak. Erlangga: Jakarta
Dewey, John. (1964). Democracy and Education, An Introduction To The Philosophy Of Education, New York: The Macmillan Company.
Dhafet, N. A. M. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting di Kelompok B TK Negeri Pembina Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 91–101. https://ojs.uho.ac.id/index.php/smartpaud/article/view/4675
Harefa, S. (2021). Factors Affecting Social Emotional of Early Childhood. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 2(1), 794–807.
Haslip, M. J., Allen-Handy, A., & Donaldson, L. (2019). How do Children and Teachers Demonstrate Love, Kindness and Forgiveness? Findings from an Early Childhood Strength- Spotting Intervention. Early Childhood Education Journal, 47(5), 531–547. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00951-7
Hildayani, Rini, dkk. (2009). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Isjoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.
Manik Miranti, Ai Sutini dan Tin Rustini. (2016). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Di Kelas B RA Al-Khoerivah Kecamatan banvuresmi Kabupaten Garut. Cibiru: Universitas Pendidikan Indonesia
Nindi Harmawati, Salwiah dan Afifa Nur Hidayah. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Kegiatan Permainan Tradisional batang Singkong. Kendari: Universitas Halu Oleo.
Nurmalitasari, Femmi. (2015). Perkembangan Sosial Emos pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi. Vol.23 (2), hlm 173-194.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Sulyana, Dadan. (2014). Modul Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyanto. (1997). Pedoman pelaksana penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Liana Tantri, Muhamad Safiuddin Saranani, Damsir Dima
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.