PENGARUH KELEKATAN ORANG TUA DAN KECAKAPAN EMOSI TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

THE INFLUENCE OF PARENTAL ATTACHMENT AND EMOTIONS SKILLS ON EARLY CHILDREN’S INDEPENDENCE

Authors

  • Fredericksen Victoranto Amseke Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Kaleb Lelo Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Engelbertus Seran Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Clarenthia Henderina Sakan Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Keywords:

kelekatan orang tua, kecakapan emosi, kemandirian

Abstract

Kemandirian merupakan kemampuan dasar dalam perkembangan holistik integratif pada anak usia dini  untuk meraih masa depannya. Kelekatan orang tua dan kecakapan emosi sebagai faktor penting kemandirian anak usia dini baik di rumah maupun di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelekatan orang tua dan kecakapan emosi terhadap kemandirian anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel riset ini menggunakan teknik total sampling sebanyak 60 anak yang yang berusia 5-6 Tahun di PAUD Harapan Bangsa Taitnama Kabupaten Kupang. Teknik analisis data adalah analisis regresi linear berganda. Hasil temuan ini menemukan kelekatan orang tua dan kecakapan emosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian anak usia dini sebesar 27,7%. Kontribusi kelekatan orang tua sebesar 21,8% dan kecakapan emosi sebesar 4,9% terhadap kemandirian anak usia dini. Semakin tinggi peran kelekatan orang tua dan kecakapan emosi anak usia ini maka dapat meningkatkan kemandirian anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidi, I.I. (2021). Perbedaan Kemampuan Mengatur Emosi Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari bentuk Keluarga (Nuclear Family dan Extended Family) Di Desa Mertapada Wetan. Skripsi. Jurusan Pendidik Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Aghniarrahmah, C., Fridani, L., & Supena, A. (2021). Perkembangan Kemandirian dan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pengasuhan Dual Career Family. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 389–400. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.385

Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2021). Pengaruh kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127-134. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/504

Amseke, F.V. (2023). Pola Asuh Orang Tua, Temperamen dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Cilacap: Media Pustaka Indo.

Amseke, F.V. & Logo Radja, P. (2023). Peran Parent Adolescent Relationship Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja. Humanlight Journal of Psychology, 4(20), 108-12. https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight/article/view/1640

Andhriana, L. T. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Almufi Jurnal Pendidikan (AJP), 1(3), 133–137. https://almufi.com/index.php/AJP/article/view/58

Côté-Lecaldare, M., Joussemet, M., & Dufour, S. (2016). How to Support Toddlers' Autonomy: A Qualitative Study With Child Care Educators. Early Education and Development, 27(6), 822-840. https://doi.org/10.1080/10409289.2016.1148482

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Cetakan 7. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Denham, S., Warren, H., von Salisch, M., Benga, O., Chin, J. C., & Geangu, E. (2011). Emotions and social development in childhood. The Wiley- Blackwell Handbook of Childhood Social Development, Second Edition, 413-433

Ervika, E. (2005). Kelekatan (attachment) pada anak. Tesis. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara

Fadillah, N., Rasmani, U.E.E. & Rahmawati, A. (2021). Pengaruh Secure Attcahment terhadap Kemandirian Anak Kelompok B Gugus Mawar Matesih Karanganyar. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 157-163.

Jannah, A. M., Rachman, A., & Novitawati. (2021). The Influence of the Role of Parents and Parenting Patterns in the Use of Gadgets on the Social Behavior of Children. Journal of K6 Education and Management, 4(4), 401–407. https://doi.org/10.11594/jk6em.04.04.03.

Kurniawati, A. I., & Masnipal, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar di Rumah di TK X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.385

Khotimah, K & Zulkarnaen. (2023). Peran orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 4-5 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587-599. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/3832

Lelo, K., & Liutani, D.N. (2023). Peran Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap perkembangan Sosial-Emosional Anak. Jurnal PG-PAUD. 10(1), 74-83

Masnun, Wahdini, E., & Rachman, A. (2020). Relationship between Parenting and Cultivation of Character Education by Teachers and the Application of Discipline by Institutions with the Independence of Early Childhood in PAUD Al-Hidayah, Banjarbaru City. Journal of K6 Education and Management, 3(3), 371–379. https://doi.org/10.11594/jk6em.03.03.09

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi. 23(2), 103–111.

Purnamasari, N & Dimyati. (2022). Perbedaan Pengasuhan Anak di Sekolah Fullday dan Sekolah Umum Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2813–2824. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2267

R, S. C., Wahdini, E., & Suriansyah, A. (2019). The Effect of Parents of Parents of the Parents and the Position of Children with Family Strengths on Self-Assistance of TK Children in the Group of Bangkari Kelompok B Palangkaraya. Journal of K6, Education, and Management (J-K6EM), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.01.01.

Rahman, A., & Adhma, H. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dalam Kemandirian Anak Tunagrahita Dalam Activities Daily Living Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Kabupaten Pringsewu. Malahayati Nursing Journal, 1(2252), 248–256. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/manuju/article/view/1465

Rakhmawati, Effendi, R., & Darmiyati. (2019). The Effect of Parenting Patterns and Birth Order towards the Independent Social Behavior of Kindergarten Children in Gugus Anggrek, East Banjarmasin District. Journal of K6, Education, and Management, 2(2), 139–148. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.02.09

Rukmana, I. . (2017). Hubungan Kecakapan Emosi Dengan Kemandirian Anak Prasekolah Di Mulyorejo Malang. Skripsi, Fakultas Psikologi, UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Rusmayadi, R., & Herman, H. (2019). Effects of Social Skills on Early Childhood Independence. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(2), 159. https://doi.org/10.26858/est.v5i2.9274.

Sa'diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31-46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Santrock, J.W. (2011). Masa perkembangan anak: children.Buku 1, Eds: 11. Jakarta: Salemba Humanika.

Sari, N. (2019). Hubungan Kelekatan Pada Ibu dengan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun (Vol. 2). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Salasiah, Asniwati, & Effendi, R. (2018). Instilling Character Values In Early Chilhood In The Perspective Of Curriculum And Parenting ( Multi-Site Study In PAUD Islam Sabilal Muhtadi And PAUD Mawaddah , Banjarmasin, Indonesia ). Journal of Education Studies, 5(7), 36–48. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494201

Saragih, A. A. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 6(2), 2352–2360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1986.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Siregar, A. B. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemandirian Santriwan-Santriwati Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 1-16. https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.70

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Syifa, N., Rachman, A., & Asniwati. (2023). Kerjasama Orang Tua dengan Sekolah dan Pola Asuh Orang Tua Berpengaruh Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 384–397. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/3745

Tiyas, N. (2019). Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala PAUD, Kompetensi Guru, dan Pola Asuh Anak, dengan Kemandirian Anak Usia Dini di Kabupaten Banjar. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Wahyuni & Rasyid, A.H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecrdasana Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2301

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-03-13

Issue

Section

Articles