MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBENTUK PLASTISIN DI KELOMPOK B TK MUTIARA BUNDA SULAWESI TENGAH

Authors

  • Risanti Kartika Putri Universitas Halu Oleo
  • Sitti Rahmaniar Abubakar Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Afifah Nur Hidayah Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

kemampuan motorik halus, membentuk plastisin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui media plastisin di kelompok B TK Mutiara Bunda Sulawesi Tengah. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik yang berjumlah 15 orang anak didik yang terdiri atas 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I ke siklus II ditemukan bahwa: Aktivitas mengajar guru diperoleh persentase 83,33% menjadi 96,67%. Aktivitas belajar anak diperoleh persentase sebesar 83,33% menjadi 96,67%. Dan hasil belajar anak diperoleh persentase sebesar 66,66% menjadi 86,67%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan membentuk plastisin di kelompok B TK Mutiara Bunda Sulawesi Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, Sitti Rahmaniar, dkk. (2018). Mass Media in Perspective of Parents Preschoolers in Kendari. 4th International Conference on Early Childhood Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018). Hal. 147-151. Semarang: Atlantis Press

Afriani, Yesti & Yuliani M, Sri. (2018). Meningkatkan Pengenalan Rukun Islam Melalui Media Kartu Bergambar Di Kelompok B Sentra Persiapan Tk Kartika Xx-46 Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Vol. 1(2), hlm 149-156.

Dinar, Santi. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini antara Teori dan Praktik. Klaten: Indeks.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(1), 25-34.

Jalil, Jasmani. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Jumiarsih, C. (2012). Upaya meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah 2 Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas AnakUsia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689

Maisarah, A., Mahmud, M. E., & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Tanah Liat. Journal of Education Research, 1(1), 1-8.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pahrul, Y., & Amalia, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Bermain Plastisin Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Penitipan Anak (TPA). Journal on Teacher Education, 3(2), 31-42.

Pasmawati, H., & Anggita, S. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan Plastisin untuk Menangani Anak Hiperaktif di Paud Islam Intan Insani Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 78–87. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.133-142.

Rohmah, S. K., & Gading, I. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 144–149. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15740

Sariyem, S. (2019). Eektivitas Bermain Plastisin untuk Meningkatkan Kreativitas Anak (Doctoral dissertation, Sripsi, Universitas Muhammadiya Magelang).

Sukaryasih, K. D., Ganing, N. N., & Putra, M. (2016). Penerapan Model Pakem Berbantuan Alat Permainan Edukatif Plastisin untuk Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7311.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryana, Dadan. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia.

Sujiono, Bambang. (2014) Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Wandi, Z., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegitan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 351-358.

Wardani, I. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Kegiatan Bermain Menggunakan Media Plastisin Di Kelompok B Tk Al-Ulya Rajabasa Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Yuliani M, S., Salwiah, Hidayah, A. N., Pabunga, D. B., Nurhayati, Aisyah, & Asmudin. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Mendukung Kegiatan Home Visit Bagi Guru TK. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 100–105. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v3i2.6

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles