STIMULASI PERMAINAN LEGO TEMPURUNG BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

STIMULATION OF LEGO SHELL GAMES FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS

Authors

  • Jamiatun Teacher
  • Nita Priyanti

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Permainan, Lego Tempurung

Abstract

Anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama untuk memperoleh pelayanan pendidikan. Dalam penelitian ini untuk mengetahui perkembangan motoric halus anak berkebutuhan khusus di TK Al Fatah Merauke melalui stimulasi permainan lego tempurung dengan sampel 5 anak lamban belajar dan 1 anak hiperaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang menguraikan tentang kesulitan belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian prsentase perolehan pada tahap I dengan 4 kali pertemuan memperoleh 16,00 % dan pada tahap II dengan 9 kali pertemuan mengalami peingkatan  menjadi 65,33 % dalam durasi waktu main selama 15 menit setiap pertemuan. Dari hasil yang di dapat peneliti menyimpulkan bahwa untuk pencapaian kemampuan motoric halus bagi anak berkebutuhan khusus melalui stimulasi permainan lego tempurung berhasil dengan baik, karena selain motoric halus ada peningkatan pada perkembangan social emosional, dan kreativitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Acep Yoni, Sri Kunthi Ambarwati, & Harry Purwanto. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia Pustaka Keluarga.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Akbar, M. R., ... & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran. Get Press. Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H.

Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., ... & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran. Get Press.

Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom Dan Autisme. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-14.

Andarwati, S. R., Munir, Z., & Siam, W. N. (2020). Permainan Lego (Parallel Play) terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 3–6 Tahun. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 8(1), 8-16.

Arikunto S, (2013), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Citra Pustaka.

Arkam, R. (2022). Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus dalam Perspektif Alqur’an. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).

Ashari, D. A. (2021). Panduan mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1095-1110.

Atalia, R. M., Chairilsyah, D., & Febrialismanto, F. (2020). Hubungan Kesejahteraan Psikologis Dengan Adversity Quotient Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Di Tk Se-Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(1), 77-89.

Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 3.

Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan anak usia dini menurut konsep islam. Amzah.

Dermawan, O. (2013). Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di slb. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886-897

Fitriani, T. (2023). Pengaruh Media Lego Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Autis Kelas Dasar II di UPT SLB Negeri 1 Bone.

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52-64.

Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 6(2), 207-222.

Kay, R. R. (2021). Strategi Meningkatkan Kesulitan Belajar bagi Anak Usia Dini melalui Bermain. Jurnal Panrita, 2(1), 1-10.

Kurniawan, A., Ningrum, A. R., Hasanah, U., Dewi, N. R., Putri, N. K., Putri, H., & Uce, L. (2023). Pendidikan anak usia dini. Global Eksekutif Teknologi.

Maftuhin, M., & Fuad, A. J. (2018). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1).

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566.

Milla, D. (2017). Pengaruh bermain lego terhadap kemampuan mengenal warna pada anak kelompok a di TK Sabilul Hikmah Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 6(2), 1-2.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.

Ningsih, K. N. (2020). Analisis Kesulitan untuk Menetukan Kebutuhan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Jurnal Ortho Pedagogik, 1(2), 1-7.

Padila, P., & Andri, J. (2023). Apakah Bermain Lego dan Finger Painting Efektif Mengukur Perkembangan Motorik Halus anak Berkebutuhan Khusus?. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 1808-1816.

Putra, I. E. D. (2023). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi: Studi Awal. Jurnal Basicedu, 7(1), 202-212.

Putra, J. A., Susilawaty, M. D., & Aldy, P. (2021). Lego Center Di Pekanbaru Dengan Pendekatan Arsitektur Kubisme. JAUR (JOURNAL OF ARCHITECTURE AND URBANISM RESEARCH), 4(2), 96-104.

Raghavendra, P., Olsson, C., Sampson, J., McInerney, R., & Connell, T. (2012). School participation and social networks of children with complex communication needs, physical disabilities, and typically developing peers. Augmentative and alternative communication, 28(1), 33-43.

Ramadhita, N. (2018). Penerapan desain pada permainan anak berkebutuhan khusus. Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk), 3(3), 87-90.

Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 51-61

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Caremedia Communication.

Sari, E. R., Yusnan, M., & Matje, I. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Eduscience, 9(2), 583-591.

Sary, Y. N. E., Ambarsari, N., & Suhartin, S. (2023). Pengaruh Permainan Lego terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6273-6280.

Sit, M. (2021). Optimalisasi kecerdasan majemuk anak usia dini dengan permainan tradisional. Prenada Media.

Sosa, A. V. (2016). Association of the type of toy used during play with the quantity and quality of parent-infant communication. JAMA pediatrics, 170(2), 132-137.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta

Suryana, D. (2022). Permainan edukatif setatak angka dalam menstimulasi kemampuan berfikir simbolik anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1790-1798.

Switri, E. (2022). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Penerbit Qiara Media.

Syafrina, R., & Adiningsih, V. E. (2020). Efektivitas Bermain “Lego” Untuk Eningkatkan Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Usia 4–5 Tahun. Motiva: Jurnal Psikologi, 3(1), 19-25.

Tisnawati, N. R. (2020). Pengaruh Permainan Lego Terhadap Peningkatan Konsentrasi Anak Autis. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(2), 121-137.

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus dengan gangguan emosi dan perilaku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 1-11.

Widhiati, R. S. A., Malihah, E., & Sardin, S. (2022). Dukungan Sosial dan Strategi Menghadapi Stigma Negatif Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan. Jurnal Paedagogy, 9(4), 846-857.

Yatmiko, F., Banowati, E., & Suhandini, P. (2015). Implementasi pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus. Journal of primary education, 4(2), 77-84.

Yilmaz, R. M. (2016). Educational magic toys developed with augmented reality technology for early childhood education. Computers in human behavior, 54, 240-248.

Yulianita, W. (2021). Pengaruh Penerapan Permainan Lego Terhadap Interaksi Sosial Anak Autisme di Sekolah My Hope Special Needs Center Banda Aceh (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Yuniasih, D., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK dalam Meningkatkan Kemapuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Lego di RA AL Fikri Klari. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1651-1658.

Yuniastuti, S. H., Miftakhuddin, S. P., Khoiron, M., Fahkri, A., & Cetak, T. T. (2021). Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1651-1658.

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles