PENGEMBANGAN PENDEKATAN STEAM BERBASIS LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN
DEVELOPMENT OF A STEAM APPROACH BASED ON LOOSE PARTS TO IMPROVE SYMBOLIC THINKING SKILLS THE CHILDREN 5-6 YEARS
Keywords:
Berpikir Simbolik, Loose Parts, STEAMAbstract
Pendekatan STEAM dinilai kurang imajinatif dalam memanfaatkan media, alat dan bahan yang berada dilingkungan anak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pendekatan STEAM berbasis loose parts untuk meningkatkan keterampilan berpikir simbolik dalam mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Plomp untuk mengetahui kebutuhan pendekatan STEAM berbasis loose parts, desain pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif dengan statistik nonparametrik. Hasil validasi menunjukkan pendekatan STEAM berbasis loose parts layak untuk digunakan dengan skor 3,59 kriteria valid dan hasil kepraktisan menunjukkan bahwa pendekatan STEAM berbasis loose parts masuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan hasil keefektifan menunjukkan pendekatan STEAM berbasis loose parts efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir simbolik dalam mengenal lambing bilangan karena adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan STEAM berbasis loose parts.
Downloads
References
Abd. Hakim Naba, & Nirwana, N. (2021). Implementasi Metode STEAM Berbasis Media Audio Visual dalam Meningkatkan Aspek Kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 79–90. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.359
AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501
Akkas, M., & Suryawati, E. A. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi & STEAM. http://repositori.kemdikbud.go.id/23238/1/Literasi_Steam-PAUD.pdf
Ananda, N., Pendidikan, F. I., Makassar, U. N., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA. 10(2), 76–92.
Ariyana, I. K. S. (2021). Strategi Mengembangkan Kepekaan Bilangan (Number Sense) Berhitung pada Anak Usia Dini. Widya Kumara : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 109–118. https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/1557
Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 354. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358
Casey, T., Robertson, J., Abel, J., Cairns, M., Caldwell, L., Campbell, K., Clark, K., Cowper, R., Duncan, J., Fox, L., Harper, I., Lai, S., Lawrence, C., Macgillivray, N., Mcfall, M., Moizer, S., Morgan, C., Motion, A., & Robertson, T. (2016). A toolkit. Inspiring Scotland.
Eneng Sri Susilawati, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Operasi Bilangan Melalui Penggunaan Media Manipulatif. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 2(1), 1–8.
Ganesha. dkk. (2020). Model pengelolaan Loosepart untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. In Journal of Educational Social Studies (Vol. 4, Issue 1).
Herlina, H., Ramlawati, R., & Hasri, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Elektronik Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 198. https://doi.org/10.26858/cer.v5i2.32731
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430
Hoar, A. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1–7. http://jurnal.unimor.ac.id/JIPM/article/view/1091
Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974
Kulsum, U. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 60–66. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4046
Lestari, A. A., Mulyana, E. H., & Muiz, D. A. (2020). Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran STEAM Untuk Anak Usia Dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(4), 211. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3555
Luaili, Nihayatul, Rasyad, & Sultoni. (2022). Buku Panduan Loose Parts Untuk Guru Paud.
Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, II(2), 86. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15059
Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117–128. https://doi.org/doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Nazilatul Mifroh. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/144
Pratiwi, L. (2021). Penggunaan Pendekatan STEAM Pada Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Melatih Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hang Tuah Kota Bengkulu. Penerapan Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Kb Al-Amar Ngoro Jombang Dalam Masa Pandemi Covid-19, 1–112.
Putri, deni eka. (2018). Penerapan Bermain Besar Dan Kecil Untuk Meningkatkan Konsep Pengukuran Pada Anak Di Paud Bukit Pujan Padang Ganting Skripsi. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=sph&AN=119374333&site=ehost-live&scope=site%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.07.032%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.tics.2017.03.010%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.08.006
Rachmah, L. L., Prawinda, R. A., & Farantika, D. (2022). Pembelajaran Steam dengan Media Loose Parts Guna Menstimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(3), 466–477. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual
Ratna, A., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Pembelajaran STEAM dengan Media Loose Parts di Kelompok Bermain Anak Usia Dini. 7(3), 3227–3240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4380
Ridwan, T., Hidayat, E., & Abidin, Z. (2020). Edugames N-Ram Untuk Pembelajaran Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 89. https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.508
Siantajani, Y. (2020). Buku loose part material lepasan otentik stimulalsi PAUD (Cet. 3). PT Sarang Seratus Aksara.
Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sitti Ayu Wahida, Rusmayadi, Muhammad Akil Musi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.