PENGEMBANGAN PENDEKATAN STEAM BERBASIS LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN

DEVELOPMENT OF A STEAM APPROACH BASED ON LOOSE PARTS TO IMPROVE SYMBOLIC THINKING SKILLS THE CHILDREN 5-6 YEARS

Authors

  • Sitti Ayu Wahida Universitas Negeri Makassar
  • Rusmayadi Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Akil Musi Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Berpikir Simbolik, Loose Parts, STEAM

Abstract

Pendekatan STEAM dinilai kurang imajinatif dalam memanfaatkan media, alat dan bahan yang berada dilingkungan anak. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan pendekatan STEAM berbasis loose parts untuk meningkatkan keterampilan berpikir simbolik dalam mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Plomp untuk mengetahui kebutuhan pendekatan STEAM berbasis loose parts, desain pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif dengan statistik nonparametrik. Hasil validasi menunjukkan pendekatan STEAM berbasis loose parts layak untuk digunakan dengan skor 3,59 kriteria valid dan hasil kepraktisan menunjukkan bahwa pendekatan STEAM berbasis loose parts masuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan hasil keefektifan menunjukkan pendekatan STEAM berbasis loose parts efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir simbolik dalam mengenal lambing bilangan karena adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan STEAM berbasis loose parts.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Hakim Naba, & Nirwana, N. (2021). Implementasi Metode STEAM Berbasis Media Audio Visual dalam Meningkatkan Aspek Kognitif pada Pendidikan Anak Usia Dini. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 79–90. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.359

AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501

Akkas, M., & Suryawati, E. A. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-dasar Literasi & STEAM. http://repositori.kemdikbud.go.id/23238/1/Literasi_Steam-PAUD.pdf

Ananda, N., Pendidikan, F. I., Makassar, U. N., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA. 10(2), 76–92.

Ariyana, I. K. S. (2021). Strategi Mengembangkan Kepekaan Bilangan (Number Sense) Berhitung pada Anak Usia Dini. Widya Kumara : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 109–118. https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/1557

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 354. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358

Casey, T., Robertson, J., Abel, J., Cairns, M., Caldwell, L., Campbell, K., Clark, K., Cowper, R., Duncan, J., Fox, L., Harper, I., Lai, S., Lawrence, C., Macgillivray, N., Mcfall, M., Moizer, S., Morgan, C., Motion, A., & Robertson, T. (2016). A toolkit. Inspiring Scotland.

Eneng Sri Susilawati, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Operasi Bilangan Melalui Penggunaan Media Manipulatif. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 2(1), 1–8.

Ganesha. dkk. (2020). Model pengelolaan Loosepart untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini. In Journal of Educational Social Studies (Vol. 4, Issue 1).

Herlina, H., Ramlawati, R., & Hasri, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Elektronik Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 198. https://doi.org/10.26858/cer.v5i2.32731

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430

Hoar, A. Y., Amsikan, S., & Nahak, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(1), 1–7. http://jurnal.unimor.ac.id/JIPM/article/view/1091

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Kulsum, U. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 60–66. https://doi.org/10.33387/cp.v4i1.4046

Lestari, A. A., Mulyana, E. H., & Muiz, D. A. (2020). Analisis Unsur Engineering Pada Pengembangan Pembelajaran STEAM Untuk Anak Usia Dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(4), 211. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i4.3555

Luaili, Nihayatul, Rasyad, & Sultoni. (2022). Buku Panduan Loose Parts Untuk Guru Paud.

Mauliya, A. (2019). Perkembangan Kognitif pada Peserta Didik SMP (Sekolah Menengah Pertama) Menurut Jean Piaget. ScienceEdu, II(2), 86. https://doi.org/10.19184/se.v2i2.15059

Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117–128. https://doi.org/doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Nazilatul Mifroh. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263. https://siducat.org/index.php/jpt/article/view/144

Pratiwi, L. (2021). Penggunaan Pendekatan STEAM Pada Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Untuk Melatih Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hang Tuah Kota Bengkulu. Penerapan Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Kb Al-Amar Ngoro Jombang Dalam Masa Pandemi Covid-19, 1–112.

Putri, deni eka. (2018). Penerapan Bermain Besar Dan Kecil Untuk Meningkatkan Konsep Pengukuran Pada Anak Di Paud Bukit Pujan Padang Ganting Skripsi. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=sph&AN=119374333&site=ehost-live&scope=site%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.07.032%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.tics.2017.03.010%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.08.006

Rachmah, L. L., Prawinda, R. A., & Farantika, D. (2022). Pembelajaran Steam dengan Media Loose Parts Guna Menstimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(3), 466–477. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual

Ratna, A., Arbarini, M., & Loretha, A. F. (2023). Pembelajaran STEAM dengan Media Loose Parts di Kelompok Bermain Anak Usia Dini. 7(3), 3227–3240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4380

Ridwan, T., Hidayat, E., & Abidin, Z. (2020). Edugames N-Ram Untuk Pembelajaran Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 89. https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.508

Siantajani, Y. (2020). Buku loose part material lepasan otentik stimulalsi PAUD (Cet. 3). PT Sarang Seratus Aksara.

Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203

Downloads

Published

2024-03-28

Issue

Section

Articles