PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PARTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
THE INFLUENCE OF LOOSE PARTS LEARNING MEDIA ON SYMBOLIC THINKING ABILITIES IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS
Keywords:
Media Pembelajaran Loose Parts, Kemampuan Berpikir Simbolik, Anak Usia DiniAbstract
Berpikir simbolik dapat membantu anak dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Loose Parts terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Raushan Fikra. Penelitin ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Kuasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini 28 anak dengan 14 anak sebagai kelompok eksperimen dan 14 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Hasil analis data yang diperoleh Asym (2-tailed) = 0,001 < 0,05 artinya H1 diterima dan H0 ditolak dengan demikian kemampuan berpikir simbolik pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, ini membuktikan media pembelajaran loose parst memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir simbolik pada anak usia 5-6 tahun di TK Raushan Fikra.
Downloads
References
Anisabela, M., & Rahminawati, N. (2022). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran pada Anak. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 46–50. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.896
Anita Damayanti, Sriyanti Rahmatunnisa, & Lia Rahmawati. (2020). Peningkatan Kreativitas Berkarya Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Steam Dengan Media Loose Parts. Jurnal Buah Hati, 7(2), 74–90. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1124
Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 354. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358
Dyah, W., Wardhani, L., Atniati, I., & Septiani, N. (2021). Stimulasi Perilaku Sosial Anak Usia Dini melalui Media Loose Parts ( Bahan Lepasan ). 5(2), 1894–1904. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694
Hajerah, H., Syamsuardi, S., & Herman, H. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Bahan Bekas Pada Guru TK Di Kabupaten Maros. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018(9), 680–683.
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 35. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5430
Hikmawati, N., Herman, H., & Amal, A. (2022). Pengaruh Media Papan Flanel Menggunakan Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok B. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 63. https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i2.25797
Lismayani, A., Pratama, M. I., Amriani, R., Dzulfadillah, F., Pendidikan, C. A., & Pendidikan, G. (2023). CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education Pengaruh Media Loose Part terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. 6 Nomor 2.
Musi, M. A., & Nurjannah. (2021). Neurosains : Menjiwai Sistem Saraf dan Otak (Edisi Pert). Prenadamedia Group.
Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117–128. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128
Rahmayanti, A., & Fitri, R. (2023). Pengaruh Media Loose Parts Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun. Jurnal Program Studi PGMA, 9(2), 268–275. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1792
Srinahyanti. (2022). PEMANFAATAN LOOSE PARTS PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Guru Kita, 6(3), 189–193.
https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jgk.v6i3.35439
Syafrina, R., & Adiningsih, V. E. (2020). Efektivitas Bermain “Lego” Untuk Eningkatkan Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Usia 4 – 5 Tahun. Motiva Jurnal Psikologi, 3(1), 19. https://doi.org/10.31293/mv.v3i1.4797
Umaroh, Gina Kania, & Rini Novianti Yusuf. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Dengan Menggunakan Media Papan Hubung Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tahsinia, 4(1), 71–81. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.341
Valentina Dewi, E. R., Hibana, H., & Ali, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 267–282. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3451
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.
Yuniasih, D., & Watini, S. (2022). Penerapan Model ATIK dalam Meningkatkan Kemapuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Lego di RA AL Fikri Klari. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1651. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1651-1658.2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Taufiqah Ridha Mardiyah, Herman HB, Azizah Amal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.