MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBER HEAD TOGETHER DI KELOMPOK B

IMPROVING CHILDREN'S SOCIAL EMOTIONAL DEVELOPMENT THROUGH COOPERATIVE LEARNING METHODS TYPE NUMBER HEAD TOGETHER IN GROUP B

Authors

  • Kurniati Kendari
  • Salwiah Universitas Halu oleo, Indonesia
  • Asmuddin Universitas Halu oleo, Indonesia

Keywords:

Cooperative Learning, Number Head Together, Perkembangan Sosial-emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosioanl anak melalui metode Cooperative Learning Type Number Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B TK Taman Ayla Desa Lapole Kecamatan Maligano Kabupaten Muna yang berjumlah 12 orang anak didik yang terdiri atas 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi,  dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru dari 20,80% menjadi 93,33%, (2) Aktivitas belajar anak dari 20,80% menjadi 93,33%. (3) Hasil belajar anak 58,33% menjadi 91,67%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan perkembangan sosial emosional anak dapat ditingkatkan melalui metode cooperative Learning Type Number Head Together.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Dea, L. F., Siregar, M., Setiawan, A., & Tabi’in. (2022). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 183.

Diana, L. M., Arif, M., Stefany, E. M., & Aini, N. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan Dan Informatika, 9(2), 201–211. https://doi.org/10.21107/edutic.v9i2.20224

Kusuma Purwa, A., & Abdullah Mudhofir. (2021). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Care, 8(2), 58–68.

Muliana Khairani. (2018). Perkembangan anak usia diniNo Title. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.

Nindi, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosiona Anak Melalui Kegiatan Permainan Tradisional Batang Singkong Di Kelompok B.1 RA Wildaanun Babbaniyyun Kendari. SKRIPSI.

Ratnasari, S. (2017). Penerapan Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di Paud Sekar Wangi Kedaton Bandar Lampung Skripsi.

Rizki Ayudia. (2017). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bercerita Di Kelompok B.1 RA AL-ULYA Bandar Lampung. SKRIPSI.

Siregar, M., Saragih, A. H., & Situmorang, J. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Dengan Student Teams Achievement Division Dan Kecerdasan Ganda Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 12(1), 75. https://doi.org/10.24114/jtp.v12i1.14504

Sri Meilani. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Dalam Kegiatan Belajar Dari rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 Di TK PGRI Lasunapa Kabupaten Muna. SKRIPSI.

Tambak, S. (2017). Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1526

Wardani, J. D. (2017). Pemilihan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Sebagai Solusi Mengurangi Sifat Egosentris Anak Usia TK. SKRIPSI.

Zaenul Fikri, S. A. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Role Play Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Speaking Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Wanasaba Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 4181–4189.

Downloads

Published

2024-04-02

Issue

Section

Articles